PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII - 6 SMP N 38 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Zulrachman Capah Universitas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Ginting
  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.3526

Keywords:

menulis teks drama, cooperative learning, SMP N 38 MEDAN, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis teks drama  dengan menggunakan model Cooperative learning tipe STAD pada siswa VIII-6 SMP N 38 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Masalah yang mendasar adalah rendahnya keterampilan menulis teks drama bagi siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dalam bentuk PTK. Subjek penelitian ini siswa dan guru Bahasa Indonesia siswa kelas VIII-6 SMP N 38 Medan. Data penelitian ini berupa foto, RPP, silabus, hasil pembelajaran dan catatan hasil wawancara. Teknik  pengumpulan data dengan cara tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini menggunakan desain Kemmis Mc Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang ditemukan adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis teks drama dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD setelah melalui dua siklus dengan rincian peningkatan dari 46,67% yang tuntas menjadi 76,67%.

References

Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kosasih. 2017. Ketatabahasaan Dan Kesusteraan .Yrama Widya.

Luxemburg, dkk. 2016. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Perangin-angin, E. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI LAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII-1 SMP PANGERAN ANTASARI. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(2), 299-310.

Perangin-angin, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL KELAS X-1 SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PELAJARAN2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 1(2), 140-144.

Perangin-angin, E., Purba, C. A., & Kembaren, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak dengan Teknik Quantum Writing Siswa Kelas VIII-A SMP HKBP Medan. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 114-119.

Peranginangin, E., & Ningsih, W. Transformasi Legenda Pawang Ternalem Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Prima Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3).

Purba, A. 2018. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: Graha Ilmu.

Wulan, M. 2017. Penerapan Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Menanggapi Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia. Medan.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Capah , Z., Ginting, S. D., & Perangin-angin, E. (2022). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VIII - 6 SMP N 38 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 305-310. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.3526

Most read articles by the same author(s)