PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING SISWA KELAS VIII-A SMP HKBP MEDAN

Authors

  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia
  • Christin Agustina Purba Universitas Prima Indonesia
  • Inon Kembaren Universitas Prima Indonesia,Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1638

Keywords:

Peningkatan, Keterampilan Menulis, Quantum Writing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing siswa kelas VIII-A SMP HKBP Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Pelaksanaan dalam penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis naskah drama pada siswa yang masih rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes serta dokumentasi foto. Instrumen penelitian ini yang digunakan meliputi lembar penilaian menulis siswa, dan dokumentasi foto. Data yang terkumpul yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama satu babak dengan teknik quantum writing dalam bentuk pelaksanaan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan dengan sempel bertujuan (purposive sampel) pada 23 siswa VIII-A SMP HKBP Medan.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa menulis naskah drama satu babak setelah menggunakan teknik quantum writing.Hasil penilaian siklus I memperoleh nilai rata-rata 69.13% dan meningkat menjadi 81.95 pada siklus II.Dilihat dari presentasi ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 65.21% meningkat pada siklus II 86.95%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunkan teknik quantum writing dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII-A SMP HKBP Medan.

Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis Naskah Drama, Quantum Writing, SMP HKBP Medan

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharisimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2006. penelitian tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DePorter, Bobbi, dkk. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Erwanto, Hasanudin, Ws. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12 padang. jurnal: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Universitas Negeri Padang

Fatimah. 2012. ”Pembelajaran Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Pendekatan Quantum Writing Siswa Kelas VII A Smp Negeri 2 Polokarto Kabupaten Sukaharjo Tahun Pembelajaran 2011/2012”. Skripsi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta:Tidak Diterbitkan

Hasanudin. 2013. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12 Padang.

Hamzah, A. Adjib. 1985. Pengantar Bermain Drama. Bandung: CV Rosda.

Hernowo. 2006. Quantum Writing: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk

Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: MLC.

Nurhayati, Enur. 2010. Pengaruh Pengunaan Metode Quantum Wraiting Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 MI assibyan singajaya. Jurnal: Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Pratiwi. 2013. ”Penerapan Strategi Quantum Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VI SD”.Skripsi FKIP Universitas Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.

Pusat Bahasa, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, lusiana. 2016. ”Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Melalui Audio-Visual Oleh Siswa Kelas VIII Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Skripsi FKIP Universitas Prima Indonesia Medan: Telah Diterbitkan.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2012. Metode Penelutian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Guntur Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa Bandung.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Widyahening, Tri Evy. 2004. Kajian Drama. Surakarta: Cakrawala Media.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Perangin-angin, E., Purba, C. A., & Kembaren, I. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN TEKNIK QUANTUM WRITING SISWA KELAS VIII-A SMP HKBP MEDAN. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 114-119. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1638

Most read articles by the same author(s)