PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI BERITA YANG DIDENGAR MELALUI MODEL INKUIRI SISWA VIII-B MTs FASTABIQUL KHAIROT MEDAN

Authors

  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Br Ginting Politeknik Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2509

Keywords:

Model Inkuiri, PTK, menulis isi berita

Abstract

Abstrak-Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk  (1) meningkatkan kualitas proses menulis kembali isi berita dan (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis kembali isi berita  melalui model Inkuiri pada siswa kelas VIII-B Mts Fastabiqul Khairot Medan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yaitu merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran secara bersiklus. Teknik pengumpulan data ini meliputi (1) tes (2) wawancara (3) kuesioner dan (4) observasi. Pada bagian  validitas data ini menggunakan empat kriteria meliputi (1) validasi demokratis (2) validasi hasil (3) validasi proses dan (4) validasi dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan model inkuiri dapat meningkatkan kualitas baik proses dan hasil, pembelajaran menulis kembali isi berita pada siswa kelas VIII-B Mts Fastabiqul Khairot Medan. Peningkatan kualitas proses meningkatnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, dan sudah aktif untuk mengikuti pembelajaran. Peningkatan kualitas hasil meningkatnya keaktifan siswa serta perhatian siswa pada saat guru menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,45 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,35.

References

Alma, B, Dkk.2012. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S, Dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Aqib, Z, Dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.

Ambarita, N. 2016. “ Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Mengubah Teks Wawancara menjadi Satu Paragraf Narasi Siswa Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan Kabupaten Samosir Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skiripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Anggreini, M. 2017. ”Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Media Audiovisual siswa kelas VII-A SMP Nasrani 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Skripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Barus, W. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta : Erlangga.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Kurniasih, I. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jogjakarta : Kata Pena.

Khatijah, R. 2016. “ Pengaruh Model Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Tanam Siswa Diski Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Lature, Y. 2013. “Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerpen oleh Siswa Kelas VIII SMP Pancawan Medan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Novita, Y. 2016. “ Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Mengubah Teks Wawancara menjadi Satu Paragraf Narasi Siswa Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan Kabupaten Samosir Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skiripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Oramahi, A. 2012. Jurnalistik Radio Kiat Menulis Berita Radio. Jakarta : Erlangga.

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Sitanggang, M. 2016. “ Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII-B Mts Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2015/2016.” Skiripsi FKIP. Universitas Prima Indonesia, Medan : tidak diterbitkan.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suherli, 2001. Panduan membuat Karya Tulis. Bandung : Yrama Widya.

Suwarti, Dkk. 2011. “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Pada SMP Negeri 1 Bringin Melalui Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Lingkungan”. Skripsi Magister Pengkajian Bahasa. Universitas Muhammadiyah Surakarta , Surakarta : Tersedia : http: // publikasi ilmiah. Ums.a.id. (diunduh 30 September 2017).

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesa Model Pembelajaran Inovatif- Progre. Jakarta : Prenada Mediagroup.

Yunus, S. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

Perangin-angin, E., & Br Ginting, S. D. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI BERITA YANG DIDENGAR MELALUI MODEL INKUIRI SISWA VIII-B MTs FASTABIQUL KHAIROT MEDAN. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 181-189. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2509