PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL KELAS X-1 SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PELAJARAN2017/2018

Authors

  • Esra Perangin-angin Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v1i2.600

Keywords:

Menulis, Cerpen, Model Kontekstual

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran menulis cerpen ditemukan bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menulis cerpen, hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen dengan model kontekstual pada siswa kelas X-1 SMA Free Methodist Medan. Dalam penelitian ini digunakan model kontekstual agar memudahkan peserta didik lebih berperan pada pembelajaran menulis cerpen. Subjek penelitian siswa kelas X-1 SMA Free Methodist Medan berjumlah sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan menulis cerpen dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan keterampilan siswa pada siklus I memiliki ketuntasan menulis isi cerpen sebanyak 7 siswa dengan nilai rata-rata 60,55 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 38,88%. Kemudian meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas menulis cerpen dengan nilai rata-rata 83,05 pada siklus II dan ketuntasan secara klasikal sebesar 100%.

References

Aminudin. 2008. Kreativitas Menulis Puisidan Cerita Pendek. CV. CITRALAB.

Aqib, dkk. 2009. Penilitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung : YRAMA WIDYA.

Arikunto, dkk. 2007. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Efendi. 2012. Cara Dahsyat Cerpen dengan Otak Kanan. Yogyakarta : CV.Writing Revolution.

Eki Monika Br. Tarigan. 2017. “Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas IX-B SMP Negeri I Tanah Pinem”. Tahun Pelajaran 2016/2017. Skipsi. Medan. UNPRI.

Johnson. 2009. CTL Contextual Teaching Learning. Bandung: Kaifa.

Purba. 2001.Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: Universitas Sumatera Utara Press.

Rusman. 2012. Modelmodel

Pelajaran. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada.Shoimin. 2016. 68 Model Pelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogyakarta : ARRUZZ

MEDIA.

Sitohang, Yohana, Dian Syahfitri, and Panigoran Siburian. "UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 3 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2018/2019." Jurnal Darma Agung 27.2 (2019): 942-948.

Sumardjo dan Saini 1997. Apresiasi Kesustraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wati. 2013. Terampil Menulis. Jakarta: Sinar Grafika.

Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Perangin-angin, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL KELAS X-1 SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PELAJARAN2017/2018. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 140-144. https://doi.org/10.34012/jbip.v1i2.600