Penyuluhan Pencegahan Penyakit Asam Lambung (GERD) Gastro Esofangeal Reflux Desease Di SMP Negeri 19 Medan

Main Article Content

Elis Anggeria
Tiarnida Nababan
Karmila Br Kaban
Eva Latifah Nurhayati
Sunarti Sunarti
Kristina L Silalahi
Legisnaria Gulo
Agnes Gulo
Marnesry Rahmat Kristin Laoly
Priscillia Margaretta Hutagaol
Agustina Sihombing
Heru Bambang Triono
Elkana Pramujaya Brahmana

Abstract

Perubahan gaya hidup di masyarakat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi junk food, dan kafein, meningkatkan risiko penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD adalah kondisi refluks asam lambung ke esofagus yang menimbulkan gejala seperti heartburn, regurgitasi, dan mual. Edukasi tentang pencegahan GERD sangat penting, terutama di kalangan remaja yang mulai menunjukkan pola makan tidak sehat. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SMP Negeri 19 Medan tentang pencegahan GERD. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dengan ceramah menggunakan media presentasi PowerPoint, leaflet, dan video ilustrasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan observasi awal dan persiapan yang melibatkan pihak sekolah. Hasil menunjukkan bahwa siswa-siswi sangat antusias selama kegiatan berlangsung. Mereka mampu memahami materi tentang penyebab, gejala, dan cara pencegahan GERD. Diskusi dan sesi tanya jawab menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Kesimpulannya, kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa tentang GERD, sehingga mereka dapat mengelola kondisi ini dengan lebih baik dan mengadopsi pola hidup yang lebih sehat

Article Details

How to Cite
Anggeria, E., Nababan, T., Kaban, K. B., Nurhayati, E. L., Sunarti, S., Silalahi, K. L., Gulo, L., Gulo, A., Laoly, M. R. K., Hutagaol, P. M., Sihombing, A., Triono, H. B., & Brahmana, E. P. (2024). Penyuluhan Pencegahan Penyakit Asam Lambung (GERD) Gastro Esofangeal Reflux Desease Di SMP Negeri 19 Medan. Jurnal Mitra Prima, 6(2). Retrieved from https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/5826
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)