The Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Tong Sampah Ramah lingkungan Di kelurahan Nelayan Indah

Pemanfaatan, Barang Bekas, Tong Sampah, Ramah Lingkungan

Authors

  • rosmita sari a:1:{s:5:"en_US";s:27:"universitas prima indonesia";}
  • Dhita Adriani universitas prima indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/mitraprima.v2i2.1623

Keywords:

Pemanfaatan, barang bekas, Tong sampah, ramah lingkungan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan di kelurahan Nelayan Indah. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh anggota Karang Taruna Desa Nelayan Indah, Medan, Labuhan, tentang penggunaan cat kaleng bekas yang berguna dan barang yang bisa dipakai. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko dari limbah plastik karena plastik memiliki sifat yang tidak dapat terurai secara hayati dan membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami di dalam tanah. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode sosialisasi mengenai penggunaaan barang bekas berupa cat menjadi tong sampah yang berguna untuk meminimalisir sampah yang ada di lingkungan Kelurahan Nelayan Indah tersebut. Kegiatan ini diisi dengan materi pelatihan pembuatan tempat sampah meliputi penyiapan bahan baku alat dan bahan penunjang, pembersihan kaleng cat, pengecatan kaleng cat sebagai bahan bekas, pemanfaatan kaleng cat untuk dijadikan tong sampah ramah lingkungan.

References

REFERENCES

Adriansyah, "Pengaruh Lingkungan Hidup Terhadap Sikap peduli Anak Akan kelestarian Lingkungan," Jurnal psikologi , vol. 5, no. 3, p. 86, 2018.

Moh, A Sya’ban, "Tinjauan Mta Pelajaran Ips Smp Pada Penerapan Pendidikan Lingungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan," Jurnal Hukum & Pembangunan, vol. 18, no. 6, 2017.

N. Din, "Manajemen Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga di Kelurahan Kurao Pagang Kota Padang Tahun 2016," Jurnal Endurance, 1(3), 2016.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

sari, rosmita, & Adriani , D. . (2021). The Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Tong Sampah Ramah lingkungan Di kelurahan Nelayan Indah: Pemanfaatan, Barang Bekas, Tong Sampah, Ramah Lingkungan. Jurnal Mitra Prima, 3(1), 34-37. https://doi.org/10.34012/mitraprima.v2i2.1623