PERANCANGAN TATA LETAK PARKIRAN SEPEDA POLTEK
Main Article Content
Abstract
Fasilitas parkir adalah lokasi yang ditentukan sebagai tempat pemberhentian kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Di Politeknik Gajah Tunggal, banyak mahasiswa memarkirkan sepeda sembarangan karena tidak adanya petugas parkir, menyebabkan tata letak tidak beraturan, akses keluar-masuk terganggu, dan area terlihat padat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang tata letak parkiran sepeda menggunakan metode CORELAP serta pola parkir dengan pendekatan Ergonomi Partisipatori. Ergonomi Partisipatori bertujuan mengurangi risiko kecelakaan kerja akibat human error melalui penggunaan alat pelindung diri. Algoritma CORELAP mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif untuk menentukan peletakan fasilitas berdasarkan hubungan kepentingan. Pada penelitian ini, sudut parkir optimal yang diperoleh adalah sudut 90°, berdasarkan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa sudut ini menghasilkan jumlah petak parkir terbanyak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.