IMPLEMENTASI SISTEM RUJUKAN PERSALINAN PESERTA JKN DI PUSKESMAS DARUSSALAM KOTA MEDAN

Authors

  • Fadillah Salwa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda Dwi Fitria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lailatul Mahpuja Dasopang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitriani Pramita Gurning Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i2.5213

Abstract

Rujukan yang tepat menjadi bagian dalam faktor penentu dalam meminimalkan angka kematian dan kesakitan ibu. Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bertanggung jawab untuk mengidentifikasi risiko persalinan dan memproses rujukan ke rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah implementasi pada sistem rujukan persalinan peserta JKN di Puskesmas Darussalam Kota Medan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti teknik wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Sistem rujukan persalinan peserta JKN di Puskesmas Darussalam sudah bisa dilakukan saat trimester 1 dan trimester 3 dengan indikasi medis berupa keluhan ataupun ditemukannya komplikasi atau kelainan. Tahapannya meliputi registrasi online, anamnesis, dan pemeriksaan pasien di poliklinik KIA. Jika terdapat indikasi medis yang tidak dapat ditangani oleh pihak Puskesmas, pasien akan segera diarahkan ke  rumah sakit rujukan sesuai keinginan pasien dengan menggunakan sistem PCare BPJS Kesehatan untuk membuat diagnosa dan menyimpan data pasien. Implementasi sistem rujukan persalinan di Puskesmas Darussalam Kota Medan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sumber daya manusia kurang memadai karena tidak adanya apoteker, namun terdapat tiga orang bidang dan satu orang dokter umum yang telah mengikuti pelatihan USG. Sarana dan prasarana sudah memadai. Namun, terdapat kendala yang dirasakan pasien yaitu proses rujukan yang lama. Maka dari itu, diharapkan bagi pemerintah untuk meningkatkan kemampuan sistem informasi kesehatan untuk memantau dan mengevaluasi proses rujukan.

 

Kata kunci: JKN, Puskesmas,  Rujukan Persalinan

References

Asmirati, Tandriyansah A, Kurniati E, Amin MA, Wiriyanti M. Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny "D" Dengan Kehamilan Normal Di Puskesmas Caile Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Jurnal Berita Kesehatan [Internet]. 2022;XVI(2):18–33. Available from: http://ecampus.poltekkes-medan.ac.id/jspui/handle/123456789/1726

Herinawati, Diniyati, Danaz AF, Iksaruddin. Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengenali Tanda-Tanda Bahaya pada Masa Kehamilan di Desa Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2020. Jurnal Abdimas Kesehatan. 2021;3(1):93.

Manuk MM, Akbar MIA, Wittiarika ID. Factors Affecting the Delay of Decision Making To Receive Health Services in Preeclampsia Pregnant Mothers At RSUD Mgr Gabriel Manek Svd Atambua. Indonesian Midwifery Health Sciences Journal. 2021;5(2):160–73.

Ningsih UY, Oktami R, Fidorova Y, Gurning FP. ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM RUJUKAN PERSALINAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS TANJUNG LANGKAT. Jurnal Kesmas Prima Indonesia. 2023;7(2):36–40.

Tanjung HY, Tumanggor SR, Wulandari DAT, Gurning FP. Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Persalinan Peserta JKN Di Puskesmas Pekan Labuhan Medan Labuhan. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2023;4(3):3598–604.

Putri NAS. Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Layang Kecamatan Bontoala. [Skripsi]. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin; 2020.

Fitriyani W, Nasifah I. Diskripsi Faktor Risiko Rujukan Persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Ambarawa. Prosiding Seminar Nasional dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo. 2023;2(2):749–54.

Listyorini PI, Wijananto DA. Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Jayengan Kota Surakarta. INFOKES: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan. 2019;9(1):10–23.

Tarigan HM, Setiawam B, Panjaitan H. Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di PT Allegrindo Nusantara Tigarunggu Kabupaten Simalungun. Jurnal Aktual. 2023;20(2):1–7.

Lette AR. Jumlah Dan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan Di Fasilitas Kesehatan Kota Kupang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia [Internet]. 2020;7(2):9–14. Available from: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/9602

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, Dan Masa Sesudah Melahirkan, Pelayanan Kontrasepsi, Dan Pelayanan Kesehatan Seksual.

Sukrisno A, Razi F, Harfiani E, Pasiak TF, Rahmalina AD. Pelatihan Penggunaan Ultrasonografi bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas di Kota Depok. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat [Internet]. 2024;5(1):319–24. Available from: https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7070

Lutfiah AS, Gurning FP, Azzuhra N, Praramadhani N. Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Persalinan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Mutiara Kisaran Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin [Internet]. 2022;1(6):445–8. Available from: https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/377/315

Purwoastuti E, Walyani ES. Mutu Pelayanan Kesehatan & Kebidanan. Pustaka Baru Press; 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas.

Susiloningtyas L. SISTEM RUJUKAN DALAM SISTEM PELAYANAN KESEHATAN MATERNAL PERINATAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pamenang [Internet]. 2020;2(1):6–16. Available from: jurnal.stikespamenang.ac.di

Kemenkes RI. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu 2020 Edisi Ketiga [Internet]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. 4-6 p. Available from: https://repository.kemkes.go.id/book/147

Fadilah RN, Ramadani N, Elly N. Gambaran Penggunaan Aplikasi Primary Care BPJS di Puskesmas Lingkar Barat. SMART: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. 2022;1(1):9–18.

Wandi. Implementasi Sistem Rujukan Ibu Hamil dan Bersalin oleh Bidan Polindes. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia. 2017;3(1):71–84.

Handriani I, Melaniani S. Pengaruh Proses Rujukan Dan Komplikasi Terhadap Kematian Ibu. Jurnal Berkala Epidemiologi. 2015;Vol.3(No3 September):400–11.

Susanti. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Rujukan Kasus Persalinan Di Wilayah Perbatasan Provinsi Kalimantan Utara. Midwifery Journal. 2023;3(1):1–4.

Armini LN, Sulyastini NK. Determinan Kendala Rujukan Terhadap Rujukan Pada Persalinan Dengan Komplikasi. Jurnal Kebidanan [Internet]. 2021;10(1):54–8. Available from: https://akbid-dharmahusada-kediri.e-journal.id/JKDH/index

Utama T, Andriati R, Ambarsari F. Tinjauan Sistem Rujukan Online Pasien BPJS Pada Masa Pandemi COVID-19 di Puskesmas Rengas Tahun 2021. Jurnal Edu RMIK. 2022;1(1):64–73.

Downloads

Published

2024-07-16

Issue

Section

Articles