ANALISIS DONGEN DANAU TOBA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Sri Dinanta Ginting
  • Keysa Meryan Sari Marpaung Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1538

Keywords:

Analisis, Dogeng, Dogeng Danau Toba, Bahan Ajar

Abstract

Abstrak: Dongeng merupakan salah satu cerita rakyat yang berjenis karya sastra sebagai khazanah budaya. Dongeng atau cerita rakyat sering dijadikan pedoman sebagi acuan yang mengandung nilai luhur mengenai budi pekerti sehingga sangat penting untuk dipelajari oleh generasi penerus Negara Indonesia. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral bahkan sindiran.  Hasil dalam peelitian ini bahwa banyak terdapat nilai-nilai yang dapat diambil dari Dongeng atau cerita Danau Toba yang bisa dijadikan bahan ajar pelajaran Bahasa Indonesia yaitu nilai-nilai bahwa setiap ucapan yang di ucapkan sesuatu yang penting, mau berbuat dan mau bertanggung jawab dan orang tua kunci segalanya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode dokumenter, analisis data bersifat induktif. Data pada penelitian ini di dapat dari cerita atau dongeng Danau Toba.

Kata Kunci: Dongeng, Danau Toba, Bahan Ajar

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Ginting, S. D., & Marpaung, K. M. S. (2021). ANALISIS DONGEN DANAU TOBA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 33-42. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1538