PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENULIS PUISI DI SMP NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2708Keywords:
peningkatan, menulis puisi, metode field tripAbstract
Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk menemukan masalah siswa dalam proses dan hasil peningkatan belajar menulis puisi melalui penerapan metode Field Trip. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Pangururan. Subjek penelitian berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan tes, observasi wawancara angket dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis, peneliti menemukan bahwa permasalahan tersebut adalah kurangnya motivasi dalam belajar menulis puisi, siswa kurang mampu mengembangkan ide dan kosa kata yang dimiliki, minimnya minat siswa dalam menulis, siswa kesulitan dalam menentukan tema, gaya bahasa dan imajinasi yang disebabkan kurangnya teknik, pola, metode dan pendekatan pembelajaran yang masih sederhana.
Abstract-This study aims to find students’ problems in the process and results of improving learning to write poetry through the application of the Field Trip method. The research was conducted on students of SMP Negeri 2 Pangururan. The research subjects were 30 students. This study used a classroom action research design which was carried out in two cycles each cycle consisting of planning, implementation, observation and interpretation, as well as analysis and reflection. To collect data, researchers conducted tests, observations, interviews, questionnaires and documentation. After the data was collected and analyzed, the researchers found that the problems were a lack of motivation in learning to write poetry, students were less able to develop their ideas and vocabulary, students’ lack of interest in writing, students had difficulty in determining themes, language styles and imaginations due to lack of technique, patterns, methods and learning approaches that are still simple.
References
Bansuhari. 2020. ”Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 6 Watampone”. Jurnal Idiomatik Volume 3 No 2.
Dani. 2013. ”Pengertian Puisi Secara Umum”, https://elibrary.unikom.ac.id.
Dkk, R. 2016. ”Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Snowball Throwing Dan Media Pohon Kata Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 16 Surakarta”. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Volume I.
Erlinda, Y. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX 14 SMP Negeri 4 Kota Dumai Melalui Penerapan Value Clarification Technique Dalam Pembelajaran Pkn. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5.
Hardiyana, R. R. 2018. ”Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis”. Jurnal Membaca Volume 3.
Julaeha, D. S. 2018. ”Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi”. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang Volume 1 No 2.
Marwati, S. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikimia Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra Vol 1 No 1.
Susilowati. 2018. ”Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika Vol 1 No 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fenny Triani Simatupang, Kim Heeji, Dian Syahfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License.