PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH(MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA BAKTI 1 MEDAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hijrah Purnama Sari Ariga
Hijrah Purnama Sari Ariga

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran make a match (mencari pasangan )pada siswa kelas X SMK Dharma Bakti 1 Medan T.P 2018/2019. Peneltian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindak kelas (PTK).Sample yang diteliti ada 29 siswa SMK Dharma Bakti 1 Medan.Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis melakukan tes, siklus I, siklus II dan observasi dari hasil penelitian yang menggunakan tes. Dari hasil penelitian yang menggunkan tes, siklus I dan siklus II pada pelajaran menulis teks anekdot memperoleh peningkatan ketuntaan hasil belajar yang signifikan.Ketuntaan hasil belajar pada tes awal (prasiklus) 10,34%, pada siklus I menjadi 31.03 %, selanjutnya diketahui bahwa pada siklus II tuntas dengan hasil 93,10. Berdasarkan data tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match (MencariPasangan) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran menulis teks anekdot kelas X SMK Dharma Bakti 1 Medan.


Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Anekdot, Make A Match (Mencari Pasangan)

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Akhadiah, S., dkk 1989.Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  3. Dalman, H. 2011. Keterampilan Menulis, Bandar Lampung: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Feronika Hutahean “pengaruh miodel pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X Sma Negeri 1 Air Putih tahun pembelajaran 2013/2014.
  6. Handiyani, S., dkk, 2014.Bahasa Indonesia 1.Bandung: Grafindo Media Pratama.
  7. Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
  8. Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodish dan Paradigma .Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
  9. Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Iscom.
  10. KBBI.2008 (Edisi Empat).Jakarta : PT Gamedia Pustaka Utama.
  11. Kokasih, E. 2013.Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  12. Meliana Sirait “pengaruh model pembelajaran karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun pembelajaran 2014/2015” Universitas Negeri Medan (tidak dipublikasikan).
  13. Moleong, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: PT Remaja Rus Dakarya
  14. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Malang: Bumi Aksara.
  15. Perangin-angin, E. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL KONTEKSTUAL KELAS X-1 SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PELAJARAN2017/2018. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 1(2), 82-86.
  16. Rusman, 2014.Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  17. Shoimin, A. 2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Rembang: Ar-Ruzz Media.
  18. Sudaryat. Kumpulan Teks Aneksot. [online]. Tersdia: http: /jpbsi. Html. Doc. (28 November 2018).
  19. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  20. Suprijono, A. 2011.Coopeative Leraning. Yogjakarta: Pustaka Pemdar.
  21. Semi. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Angkasa Yustinah
  22. Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.