STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SANG PISANG (Studi Kasus : Kedai Rakyat Jalan Iskandar Muda No. 47 A, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan)
DOI:
https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v4i2.1705Keywords:
Pisang, Strategi, Pengembangan, Metode, AnalisisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha sang pisang di daerah penelitian dan untuk menganalisis alternatif strategi yang perlu dilakukan dalam upaya pengembangan usaha sang pisang didaerah penelitian. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan dan menginterprestasikan data yang di peroleh dari hasil wawancara langsung kepada produsen. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk menentukan strategi pengembangan. Informan dalam penelitian ini adalah informan kunci yaitu pengusaha sang pisang dan informan utama yaitu sebelas orang karyawan sang pisang dan 50 orang konsumen yang datang membeli sang pisang secara langsung ke outlet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha sang pisang berada pada kuadran 1 (satu) dalam matriks analisis SWOT. Strategi yang tepat untuk usaha ini adalah strategi agresif yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi usaha sang pisang karena usaha sang pisang memiliki peluang yaitu: menggunakan media sosial sebagai kegiatan promosi, konsumen dapat membeli sang pisang secara online, permintaan konsumen untuk mengkonsumsi sang pisang tinggi, produk sang pisang sudah terkenal dikalangan masyarakat, akses transportasi memadai, dengan memanfaatkan kekuatan pada usaha sang pisang tersebut yaitu : ketersedian bahan baku, memiliki varian rasa yang berbeda-beda, pengelolaan sang pisang mudah, kemasan yang menarik, pelayanan karyawan ramah terhadap konsumen, lokasi penjualan strategis, menggunakan mobil food truck dalam penjualan sang pisang, dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat.