BENTUK REDUPLIKASI BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENDERITA AUTISTIK DI YAYASAN HIJJAH RACHMAH NASUTION

Authors

  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v1i2.594

Keywords:

Reduplikasi, Autism, Interaksi

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak bergantung pada maturasi otak, lingkungan, perkembangan motorik dan kognitif, integritas struktural, dan fungsional dari organism (Sidiarto, 1991:134). Apabila terdapat gangguan pada proses perkembangan anak, maka akan berimplikasi pula terhadap pembelajaran bahasa pada anak. Autism juga merupakan gangguan perkembangan organik yang mempengaruhi kemampuan anak-anak dalam berinteraksi dan menjalani kehidupannya (hanafi dalam hadis, 2006:2002). Gangguan perkembangan ini sangat kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial, dan aktivitas imajinasi anak, serta emosional anak. Teknik catat digunakan untuk mencatat kata-kata yang telah diucapkan oleh para informan mengenai data-data yang berkaitan dengan judul penelitian. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Hijjah Rachmah Nasution, Perguruan Al-Azhar, yang bertempat di Jln. Pintu Air IV No.214 Medan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 29 November sampai dengan tanggal 2 Desember 2011. Jumlah anak autistik yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu: (1) Muhammad Hisbullah Lubis, berusia 7 tahun; (2) Dimas Ramadhana, berusia 8 tahun; (3) Muhammad Adil Ramadhan, berusia 7 tahun; dan (4) Farel Fadillah, berusia 12 tahun. Data dari hasil penelitian digunakan dalam bentuk persentase, maka akan di peroleh, bahwa (1) Muhammad Hisbullah menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 33,33%; (2) Dimas Ramadhana menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 22,22%; (3) Farel Fadillah menggunakan reduplikasi/pengulangan dalam tuturannya sebesar 33,33%; dan (4) M.Adil Ramadhan menggunakan reduplikasi dalam tuturannya sebesar 11,11%.

Downloads

Published

2019-08-16