PENINGKATAN KREATIVITAS PENULISAN KARYA ILMIAH DENGAN METODE KOLABORASI MAHASISWA PRODI TLM UNIVERSITAS BINAWAN

Authors

  • apriani riyanti Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.3068

Keywords:

karya ilmiah, kolaborasi, kreativitas, TLM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah melalui pendekatan kolaboratif. subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Teknologi Laboratorium Medis di Universitas Binawan Jakarta, T.A. 2021/2022, yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia dengan sub pokok bahasan karya tulis ilmiah, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini mengangkat permasalahan dengan mengumpulkan data yang relevan, melakukan analisis data, pengalaman mahasiswa yang sudah bekerja sebagai ATLM, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, diskusi dan praktek menyusun karya ilmiah. masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menulis adalah (1) kurang konsisten antara judul makalah dan isi makalah, (2) kurang tepat merumuskan masalah dan submasalah, (3) pembahasan tiap submasalah kurang terinci, (4) kajian pustaka ada yang kurang relevan dengan masalah dan submasalah, (5) simpulan belum mencerminkan uraian pembahasan masalah, (6) kurang memperhatikan penggunaan EYD, Tujuan penelitian dengan metode kolaboratif ini menjadikan mahasiswa tanggung jawab dan lebih bersemangat dalam mempelajari materi bersama teman satu profesi, sekaligus dapat menyusun karya ilmiah dalam satu kelompok sebagai sarana memahami karya tulis ilmiah sesuai kaidah penulisan karya ilmiah yang baik dan benar dengan berpedoman dengan EYD dalam mempersiapkan penyusunan Tugas Akhir.

Kata kunci : karya ilmiah kolaborasi, kreativitas, TLM

 

Abstract- This study aims to improve students' skills in writing scientific papers through a collaborative approach. The research subject is a student of the medical laboratory technology study program at binawan university jakarta, T.A. 2021/2022, who took part in the course of indonesian with a sub-subject of scientific papers, the research method used is descriptive qualitative. This research procedure raises problems by collecting relevant data, conducting data analysis, the experiences of students who have worked as atlm, with data collection techniques including observation, interviews, discussions and the practice of compiling scientific papers. The problems faced by students in writing are (1) inconsistency between the title of the paper and the content of the paper, (2) it is not appropriate to formulate problems and sub-issues, (3) the discussion of each sub-issue is less detailed, (4) literature reviews are less relevant to the problem and sub-issues, (5) the conclusions have not reflected the description of the discussion of the problem, (6) do not pay attention to the use of eyd, the purpose of research with this collaborative method makes students responsible and more enthusiastic in studying material with professional friends, as well as being able to compile scientific papers in one group as a means of understanding scientific papers according to the rules of writing good and correct scientific papers guided by eyd in preparing the final project.

Keywords : scientific work, collaboration, creativity, TLM

References

Ameilia Zuliyanti Siregar, M.Sc, P. . (2019). Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi (Dwi Novidiantoko (ed.)). Deepublish Publisher.

Apriani.Riyanti, dkk P. W. B. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Aas Masruroh (ed.)). Penerbit Widina Bandung.

ASIK, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 168–183. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.06

Eka Sulistia Dewi, P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Dengan Pengintegrasian Powers Dalam Asessmen Portofolio Elektronik. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 244–254. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2169

Gunawan, A. W. (2006). Adi w. Gunawan, Genius Learning Strategi, ( Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006), h. 173 1 14. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Haryanto A.G., DR i., SP.PROS., FICD. Hartono Ruslijanto, DRO., SP.PM„ dan Datu Mutyono, DRG., S. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah ( PDFDrive ).pdf (BUKU AJAR). Perpustakaan Katalog Dalam Terbitan KDT.

Marselina, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar K. Jurnal IlmiahPendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–21. http://www.antaranews.com/berita/330125/lipi-

Nadia Keti Dwiguna. (2020). PENERAPAN METODE KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF NARATIF EKSPOSITORIS Nadia Keti Dwiguna. UPI, 1–7.

Pendidikan, F. I., Jakarta, U. M., Rafli, Z., Attas, S. G., Indonesia, P. B., Bahasa, P., Universitas, P., Jakarta, N., Bahasa, P., Universitas, P., & Jakarta, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 32–39.

Rosmiati, A. (2017). Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. In ISI Press. http://repository.isi-ska.ac.id/1395/3/Dasar-Dasar Penulisan Ilmiah.pdf

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

riyanti, apriani. (2022). PENINGKATAN KREATIVITAS PENULISAN KARYA ILMIAH DENGAN METODE KOLABORASI MAHASISWA PRODI TLM UNIVERSITAS BINAWAN. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 276-284. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.3068