PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Authors

  • Sri Wahyuningtyas Universitas Dr Soetomo
  • Chosiah Chosiah Universitas Dr Soetomo
  • Edy Widayat Universitas Dr Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2873

Keywords:

Saintifik, Keterampilan Bebicara, KTSP

Abstract

Pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 merupakan suatu upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan mengedepankan peran aktif siswa dalam seluruh kegiatan pembelajaran. pendekatan saintifik sesuai dengan pendekatan konstruktivis agar siswa mampu secara mandiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui pengalaman belajar secara nyata. Peneliti merumuskan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pembelajaran KTSP. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dalam memperoleh data dari sampel penelitian dengan melakukan penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data tes dan observasi serta menggunakan instrumen pengumpul data yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen. Dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan rumus statistik korelasi product moment dan t-test untuk menjawab hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan nilai t pada rumus t-test diperoleh thitung 3,216 dan nilainya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan nilai t pada tabel t untuk sampel 30 orang dan taraf signifikan 5% yaitu 1,67. Dengan demikian peneliti sudah dapat membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa menggunakan pendekatan saintifik dan keterampilan berbicara siswa menggunakan model pembelajaran KTSP

References

Febiola, Silvia, and Yulsyofriend Yulsyofriend. 2020. “Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2): 1026–36. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566.

Haenilah, E. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Hamid, Abdul. 2017. “Guru Professional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17(32): 274–75. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26.

Nugraha, Junaedi, Zulela MS, and Nurhattati Fuad. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI 2: 118–24.

Ruiyat, Suci Aprilyati, Yufiarti Yufiarti, and Karnadi Karnadi. 2019. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 518.

Sari, Fianti, I Made Suardana, and M. Zainuddin. 2020. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5(4): 498.

Sari, Indah. 2018. “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris.” Manajemen Tools 9(1): 41–52. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.

Tambunan, Pandapotan. 2018. “PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Curere 2(1).

Wijayaningsih, Lanny. 2019. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Speech Delay (Studi Kasus Di Homeschooling Bawen Jawa Tengah).” Satya Widya 34(2): 151–59.

Yanti, Ratni et al. 2019. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 10(2): 180–94.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Wahyuningtyas, S., Chosiah, C., & Widayat, E. (2022). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 262-267. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2873