Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam menyusun teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MA Darul Hasan

Authors

  • Muzemil - Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo
  • Fatih Holis Ahnaf Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo
  • Susi Nurus Sa’adah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2655

Keywords:

keefektifan, model pair check, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pair Check

terhadap keterampilan menyusun teks prosedur kompleks siswa kelas XI MA. Penelitian ini

dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di MA Darul Hasan Pesawahan. Metode

yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.

Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe pair check dan menyusun

teks prosedur kompleks. Kelompok eksperemen yaitu siswa kelas XI A dan kelompok kontrol yaitu

siswa kelas XI B MA Darul Hasan Pesawahan. Teknik dan instrumen dalam pengumpulan data

peneliti menggunakan angket/kuesioner, wawancara, dan tes. Teknik analisis data penulis

menggunakan analisis statistik deskriptif. Dengan demikian, peneliti akan mengetahui keefektifan

model pembelajaran pair check terhadap menyusun teks prosedur kompleks.

Kata kunci: keefektifan, model pair check, dan teks prosedur

References

Ermavianti, Wahyu Sulistyorini. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan. Vol. 23, No. 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi V. (Offline).

Mindo Uly Sinaga, Samsul Mustika, dkk. (2022). Implementasi Teknik Brainwriting Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII Smp. Universitas Prima Indonesia. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima. Vol. 4, No. 1, Maret 2022.

Permendikbud. (2013). Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Nomor 64 tahun 2013.

Riyanti, Supini, dkk. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Universitas bengkulu. Diksa: pendidikan sastra dan bahasa. Vol. 5, No., 1 2019 Online. ( https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.9236 ), diakses pada tahun 2019.

Wahab, A. A. (2012). Metode dan Model-model Mengajar: Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta

Wati, Lidia. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Keterampilan Menyimak Pengumuman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PGSD FKIP Universitas Sriwijaya.

Lestari, R., & Linuwih, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. 8, 190–194.

Model, P., Kooperatif, P., Pair, T., Terhadap, C., Pemecahan, K., & Matematika, M. (2020). J Urnal Pendidikan Matematika. 11(1), 89–98.

Volume, N. (2014). Nosi Volume 2, Nomor 2, Agustus 2014. Halaman | 13. 2, 13–28.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

-, M., Ahnaf, F. H., & Sa’adah, S. N. (2022). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam menyusun teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MA Darul Hasan. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 239-244. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i2.2655