PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PORSEDUR KOMPLEKS DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Prima Indonesia
  • Evi Apriyani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2066

Keywords:

aplikasi tiktok, media pembelajaran, teks prosedur kompleks, pembelajaran masa pandemi

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 menjadi tantangan baru bagi seluruh tenaga pendidik. Apabila guru kurang kreatif dan berinovasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran, maka tujuan pembelajaran yang ditetapkan akan sulit dicapai. Oleh karena itu, media pembelajaran sangat berperan aktif dalam menyampaikan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan haruslah dekat dengan peserta didik agar peserta didik lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi TikTok dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks di era pandemi covid-19. Penelitian ini memfokuskan pada pemahaman siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru melalui aplikasi TikTok serta pemahaman dalam praktik teks prosedur kompleks. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data-data didapat dengan angket melalui google form yang diisi oleh peserta didik mengenai pemahaman materi. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukkan bahwa peserta didik memahami materi yang disampaikan melalui aplikasi TikTok dan sangat memahami pembelajaran praktik teks prosedur kompleks yang diberikan dengan presentase 27% siswa memiliki nilai 100 kategori pilihan ganda dan 7% siswa memiliki nilai 100 kategori esai. Penggunaan aplikasi TikTok apabila dengan tepat digunakan dapat menjadi media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran teks prosesdur kompleks yang dilakukan oleh guru.

References

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 215.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Sciences (IJES), 81.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Aldizar, A. (2017). Ensiklopedia Tematis Mutu Guru Membangun Guru Kreatif. Surakarta: Sinergi Prima Magna.

Pendidikan, T. P. (2019). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian IV: Pendidikan Lintas Bidang. In S. H. Hasan, Pendidikan Jarak Jauh (p. 489). Banten: PT Sandiarta Sukses.

A, K., & Angkowo, R. (2007). Optimaliasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Amrizal. (2014). Guru Profesional di Era Global. Pengabdian Kepada Masyarakat, 7.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Yulis, F. (2019). Sekolah Impian Abad 21 dengan Kreptomata. In G.-G. C. Riau, MARI MEN"JADI" GURU (p. 52). Sukabumi: Jejak Publisher.

Suhartono. (2019). Handphone Sebagai Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: Indocamp.

Yulia, I., & Irwan. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Probing Prompting Learning Pada Siswa Kelas XI SMK TAKOKAK. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 107.

Hatika, T. (2018). Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Direkotrat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aji, W. N., & Setiyadi, B. P. (2020). Aplikasi Tok Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora, 147-150.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Pratiwi, W. D., & Apriyani, E. . (2022). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PORSEDUR KOMPLEKS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 35-41. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2066