THE CORRESPONDENCE OF THE PROTO-AUSTRONESIAN CONSONANT PHONEMES IN TOBA BATAK LANGUAGE

Korespondensi Fonem Konsonan Proto-Austronesia Pada Bahasa Batak Toba

Authors

  • Lilis Handayani Napitupulu a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Prima Indonesia";}

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1959

Keywords:

bahasa proto austronesia, bahasa batak toba, korespondensi, fonem konsonan

Abstract

AbstrakBahasa Proto Austronesia merupakan nama sebuah rumpun bahasa yang mendiami wilayah daratan Asia Tenggara. Bahasa Batak merupakan bahasa yang digunakan oleh penutur asli bahasa Batak Toba. Bahasa Batak Toba termasuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan bunyi konsonan Proto Austronesia dalam Bahasa Batak Toba. Pada penelitian ini dikemukakan refleks Proto Austronesia pada Bahasa Batak Toba. Pemerolehan data tulis menggunakan metode simak, metode ini memiliki teknik dasar berupa teknik sadap dan Pengkajian data menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini adalah bahwa perubahan konsonan Proto Austronesia dalam Bahasa Batak Toba banyak berubah secara tidak beraturan (sporadis) dibandingkan berubah secara beraturan, seperti (1) perubahan fonem konsonan Proto Austronesia dalam Bahasa Batak Toba terjadi secara linear dan inovasi, (2) distribusi perubahan fonem konsonan Proto Austronesia */k/, */d/, */p/, */k/, */n/, */h/, */m/, */l/ dalam Bahasa Batak Toba mempunyai distribusi yang lengkap yaitu berubah dalam Bahasa Batak Toba pada posisi awal, tengah, dan akhir. Sedangkan perubahan fonem konsonan Proto Austronesia *j, */d/,  dalam Bahasa Batak Toba tidak pernah terjadi pada posisi akhir, dan (3) perubahan bunyi Proto Austronesia dalam Bahasa Batak Toba lebih banyak berubah secara tidak beraturan (sporadis) dibandingkan berubah secara beraturan. Perubahan secara beraturan Proto Austronesia dalam Bahasa Batak Tobadapat dilihat pada fonem Proto Austronesia *k> h pada posisi awal, tengah, dan akhir dan pada fonem Proto Austronesia *b > /*m/ pada posisi awal dan tengah.

Kata kunci: bahasa proto austronesia, bahasa batak toba, korespondensi, fonem konsonan

References

Keraf, G. 1996. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Comrie, B. 2001. “Languages of the world” In Mark Aronoff and Janie Rees-Miller,eds.:The Handbook of Linguistics. Oxford: Blackwell.

Siahaan, J. 2009. Fonotaktik Bahasa Toba. Tesis. Medan: FIB USU.

Sibarani, R. 1997. Sintaksis Bahasa Batak Toba. Medan: USU Press.

Adelaar, K.A. 1981. Reconstruction of Proto-Batak Phonology. Cambridge Massachussetts: the MIT Press.

Jeffers, R., Lehiste, I. 1979. Principles and Methods for Historical Linguistics. Cambridge. Mass.: MIT Press.

Mahsun. 1995. Dialektologi diakronis: sebuah pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Keraf, G. 1984. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Napitupulu, L. H. (2021). THE CORRESPONDENCE OF THE PROTO-AUSTRONESIAN CONSONANT PHONEMES IN TOBA BATAK LANGUAGE: Korespondensi Fonem Konsonan Proto-Austronesia Pada Bahasa Batak Toba. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 311-318. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1959