PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 33 BULAN BERDASARKAN MEAN LENGTH UTTERANCE (MLU)

Authors

  • Ichsanuddin Bambang - Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1893

Keywords:

psikolinguistik, pemerolehan bahasa, mean length utterance (mlu), kata, kalimat

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa pada anak usia 33 bulan bernama Zahra Zaqiyatun Nufus. Penelitian dilakukan dengan perhitungan berdasarkan Mean Length Utterance (MLU).Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak dari segi tuturan dan juga pengenalan anak terhadap jenis kata dan pola kalimat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berupa deskripsi tentang pemerolehan bahasa anak yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi yang mana peneliti berinteraksi langsung dengan subjek penelitian setiap hari. Data dikumpulkan dengan dokumentasi menggunakan alat rekam dan alat catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung pemerolehan bahasa dari data yang telah ditranskrip berdasarkan Mean Length Utterance (MLU). Data yang didapat juga dideskripsikan mengenai pengenalan anak terhadap jenis kata dan pola kalimat. Hasil pemerolehan bahasa yang di dapat berdasarkan perhitungan Mean Length Utterance (MLU) anak yaitu 2,9 yang mana termasuk kategori normal. Anak juga telah mengenal jenis kata berupa nomina, verba, adjektiva, adverbia, dan numeralia.Untuk pola kalimat anak telah mampu menuturkan pola kalimat dasar seperti FN+FN, FN+FV, FN+FAdj, dan FN+Adv.

Kata kunci: psikolinguistik, pemerolehan bahasa, mean length utterance (mlu), kata, kalimat

References

Chaer, Abdul. 2009. Psikolingusitik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pateda, Mansoer. 2015. Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung: CV Angkasa.

Simanjuntak, Maria. “Pemerolehan Bahasa Anak (KajianMean Length Of Utterance ‘MLU’) Luzca Fortunata Roito Situmorang (Anak Usia Satu Tahun Sebelas Bulan)”. Universitas Negeri Medan, 3-5.

Nurjamiaty. “Pemerolehan Bahasa Anak UsiaTiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau Dari Konstruksi Semantik”, 42-62.

Triadi, Rai Bagus. 2017. “Studi Kasus Akuisisi Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Psikolinguistik)”. Sasindo Unpam, 4(1), 9-10.

Marsis dan Witri Annisa. 2018. “Pemerolehan Bahasa Anak di Sumatera Barat (Kajian Mean Length of Utterance [MLU])”. Lingua :Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, 14(1), 37-38.

Darjowodjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik: Pengatar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

-, I. B. (2021). PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 33 BULAN BERDASARKAN MEAN LENGTH UTTERANCE (MLU). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 190-200. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1893