ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANTOLOGI CERITA PENDEK "SAMPAN ZULAIHA" KARYA HASAN AL-BANNA

Authors

  • Sri Dinanta Beru Ginting Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Ventari Dionesia Tamba Universitas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Beru Ginting Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1185

Keywords:

Analisis, Sastra, Sampan Zulaiha

Abstract

ABSTRAK-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, serta relevansi nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, catatan lapangan hasil wawancara, dan silabus. Teknik cuplikan penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik validasi data adalah triangulasi teoretis dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini meliputi tiga komponen, yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikansimpulan.Simpulan penelitian ini, nilai pendidikan karakternya adalah religius, kerja keras, kreatif, jujur, tanggung jawab, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta tanah air, toleransi, peduli sosial, demokratis, cinta damai, serta bersahabat dan komunikatif. Jumlah nilai pendidikan karakter adalah 84 data. Nilai-nilai tersebut digambarkan dari perlakuan tokoh dan perkataan tokoh. Nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna memiliki relevansi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, Sampan Zulaiha, Hasan Al-Banna

Downloads

Published

2020-09-23

How to Cite

Ginting, S. D. B., Tamba, V. D., & Ginting, S. D. B. (2020). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANTOLOGI CERITA PENDEK "SAMPAN ZULAIHA" KARYA HASAN AL-BANNA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 125-144. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1185