FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI BIBIT BERSERTIFIKAT PADA PERKEBUNAN RAKYAT(Studi pada Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu)

  • Abednego karosekali Universitas Prima Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bibit kelapa sawit bersertifikat pada perkebunan rakyat di Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Model yang digunakan untuk menjelaskan penggunaan bibit kelapa sawit bersertifikat adalah DOI (Diffusion Of Innovation) dengan variabel Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, dan Observability. Metode yang digunakan untuk menguji pola hubungan korelasi variabel yaitu Analisis Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS 24. Data penelitian ini adalah data primer diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada petani kelapa sawit. Berdasarkan hasil regresi dan analisis data menggunakan uji t, nilai thitung pada variabel Relative Advantage sebesar 2.747, Complexity sebesar 2.762, dan Triability sebesar 4,922 lebih besar dari nilai ttabel 1,660 yang artinya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi bibit kelapa sawit bersertifikat, sedangkan nilai thitung variabel Compatibility sebesar 1,351, dan Observability sebesar 1.543 lebih kecil dari nilai ttabel 1,660 yang artinya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat petani mengadopsi bibit kelapa sawit bersertifikat. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, dan Observability mampu menjelaskan variabel dependent yaitu Adoption sebesar 42,4% dan sisanya 57,6 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model. Pengujian secara simultan menggunakan uji f dimana nilai fhitung sebesar 13.859 lebih besar dari nilai ftabel 2,31. Artinya secara simultan variabel Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Triability, dan Observability berpengaruh signifikan terhadap niat petani mengadopsi bibit kelapa sawit bersertifikat di Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara.

Published
2020-04-26
How to Cite
KAROSEKALI, Abednego. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI BIBIT BERSERTIFIKAT PADA PERKEBUNAN RAKYAT(Studi pada Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu). Agriprimatech, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 62-73, apr. 2020. ISSN 2621-6566. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Agriprimatech/article/view/920>. Date accessed: 29 may 2020.
Section
Articles