KAJIAN SIKAP PETANI TERHADAP BUDIDAYA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KECAMATAN PEMATANG SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Tonny Hendra hendra Nadeak universitas prima indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap petani terhadap teknik budidaya ubi kayu dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan teknik budidaya ubi kayu di Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun dengan mengambil sampel pada setiap petani yang melakukan penanaman ubi kayu. Populasi dalam pengkajian ini adalah seluruh petani ubi kayu yang mengikuti penerapan teknik budidaya ubi kayu di Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun. Penentuan sampel dalam pengkajian ini menggunakan metode proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dengan menetapkan jumlah tergantung besar kecilnya sub populasi atau kelompok yang akan diwakilinya. Jumlah sampel dalam pengkajian ini adalah 50 petani. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa sikap petani terhadap penerapan teknik budidaya ubi kayu adalah sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 61,54 %. Penerapan teknik budidaya ubi kayu di daerah pengkajian termasuk tinggi dengan tingkat penerapan 76,67 %. Pengalaman pribadi berkorelasi signifikan dengan sikap petani sebesar 0,573; pengaruh orang lain yang dianggap penting berkorelasi signifikan dengan penerapan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,591; pendidikan formal berkorelasi signifikan dengan penerpaan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,539; pendidikan non formal berkorelasi signifikan dengan penerapan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,534.

Published
2019-08-12
How to Cite
NADEAK, Tonny Hendra hendra. KAJIAN SIKAP PETANI TERHADAP BUDIDAYA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KECAMATAN PEMATANG SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA. Agriprimatech, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-54, aug. 2019. ISSN 2621-6566. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/Agriprimatech/article/view/591>. Date accessed: 15 sep. 2019.
Section
Articles