KLASIFIKASI KENAIKAN KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-ULUM MEDAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
Main Article Content
Abstract
Pendidikan memainkan peran sentral dalam meningkatkan kualitas suatu bangsa. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah pengelolaan siswa, yang bertujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Penilaian hasil belajar sering kali melibatkan berbagai kriteria, seperti nilai ujian, aspek kepribadian, dan tingkat kehadiran, yang dijadikan dasar untuk menentukan kelulusan atau kenaikan kelas. Namun, dalam banyak kasus, proses penilaian ini masih dilakukan secara manual, yang berpotensi menimbulkan ketidakakuratan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data kenaikan kelas dengan memanfaatkan algoritma Naive Bayes sebagai metode klasifikasi. Penelitian ini mencakup tahapan seperti pengumpulan dan pengolahan data, pembagian data latih dan data uji, serta prediksi hasil. Berdasarkan pengujian terhadap 137 data siswa, yang terdiri atas 95 data latih dan 42 data uji, algoritma Naive Bayes menunjukkan akurasi sebesar 92%. Hasil ini mengindikasikan bahwa algoritma Naive Bayes dapat diandalkan untuk membantu guru dalam pengambilan keputusan terkait kenaikan kelas di tingkat sekolah menengah atas.