Analisis Peningkatan Brand Awareness Teknik Industri Menggunakan SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Main Article Content
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan perguruan tinggi yang semakin meningkat, dapat dilihat dari banyaknya perguruan tinggi yang bermunculan baik perguruan tinggi swasta (PTS) atau perguruan tinggi negeri (PTN) dimana persaingan masing–masing perguruan tinggi untuk mencetak mahasiswa yang berkualitas. Perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Industri di Indonesia cukup banyak. Hingga tahun 2021 Program Studi Teknik Industri terdaftar sebanyak 187 universitas. Salah satu universitas yang terdapat di Medan adalah Teknik Industri Universitas Prima Indonesia ini hingga tahun 2021 masih berakreditasi Baik Sekali. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner pendahuluan untuk mengetahui seberapa besar awareness calon mahasiswa ketika ingin memasuki universitas. Dalam penelitian ini digunakan analisis SWOT dan QSPM untuk mengetahui strategi–strategi apa yang cocok dalam kegiatan meningkatkan awareness tersebut. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi jurusan, sedangkan QSPM membantu menentukan strategi pemasaran yang paling efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurusan berada pada kuadran I SWOT, yang mendukung penerapan strategi agresif. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Jurusan Teknik Industri dan memperkuat daya saingnya di antara perguruan tinggi lainnya.