MEMBINA GURU DALAM MENYUSUN BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MELALUI PENYELENGGARAAN WORKSHOP OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI UPT SMP NEGERI 41 MEDAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada bagaimana upaya untuk meningkatkan Kemampuan guru di UPT SMP Negeri 41 Medan Pada Semester 2 T.P.2019/2020 dalam menyusun tes hasil belajar akhir? Tujuan yang ingin dicapai adalah agar guru – guru di UPT SMP Negeri 41 Medan mampu menyusun tes hasil belajar akhir. Sementara, manfaat penelitian ini adalah supaya guru – guru di UPT SMP Negeri 41 Medan memiliki tes hasil belajar akhir semester. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Guru yang dianggap memiliki kemampuan di dalam menyusun tes apabila hasilnya memenuhi kriteria tes yang layak seperti kesesuaian bunyi butir dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian bunyi butir tes dengan aspek perilaku yang diukur ( C1 – C6 ), penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan EYD Tes dikatakan layak apabila minimal 65 % kriteria bisa terpenuhi. Ini terbukti pada tabel siklus II dari 6 guru yang diteliti dalam penyusunan tes ini 100 % guru sudah tuntas dalam menyusun tes profesional. Ini menunjukkan adanya peningkatan mutu dalam penuyusunan tes oleh guru di UPT SMP Negeri 41 Medan pada semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan workshop dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester 2 sangat efektif.