IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MUSIM PANDEMI CORONA PADA SISWA SMP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dalam PJJ siswa, kedua, untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang berperan dalam keberhasilan PJJ, dan ketiga untuk mengetahui proses belajar PJJ para siswa SMP Bhakti Candra dan SMP Purwa Bakti Kabupaten Bogor . metode penelitian yang digunakan adalah adalah kualitatif yang berjenis studi kasus. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi peran serta, wawancara mendalam dan dokumentasi . hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor penghambat PJJ yaitu sebagian besar orang tua tidak bisa selalu mendampingi peserta didik dalam belajar karena memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Tugas yang diberikan guru memerlukan penjelasan lebih, dikarenakan orang tua kurang menguasai materi yang diberikan oleh guru, dan motivasi belajar pada peserta didik menjadi menurun. mengupayakan cara untuk mengatasi hambatan PJJ diantaranya yaitu guru dapat menggunakan teknologi untuk melangsungkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sesuai kebutuhan materi pembelajaran dan mempermudah guru dalam proses pembelajaran
Kata kunci : PJJ, faktor penghambat, pandemi corona
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama
- Guru dengan Orang Tua dalam
- Pembelajaran Online di Era
- Covid 19 di MI Azizan
- Palembang. Jurnal Edukasi
- Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 54-64.
- Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar
- Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
- Fleming, N. D., & Mills, C. (1992). Helping Students Understand How They Learn. Madison,
- Wisconsin, USA: Magma Publications.
- Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi
- Informasi dan Komunikasi pada
- Pembelajaran Jarak Jauh di Masa
- Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi
- dan Teknologi Pembelajaran, 1(2),
- -115.
- Oon, A. N. L. (2007). Seri Teaching Children Handling Study Stress (diterjemahkan oleh A. K.
- Anwar). Jakarta: Elex Media Komputindo
- Rosalin. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Anak. Jakarta: Kementerian PPPA
- Wibowo, A. N., Supandi, A., Andri, A., & Widiyarto, S. (2020). Pemanfaatan Pembelajaran ICT Dalam Optimalisasi Proses Belajar Mengajar Guru SMP. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 228-230.
