Author Guidelines

Artikel yang dikirim ke Jurnal Keperawatan Priority memenuhi beberapa kriteria normatif sebagai berikut:

  1. Artikel menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan dikirim secara online menggunakan website jurnal. Pengiriman artikel secara online dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah), pengiriman (submission), pemrosesan (process), dan penerbitan (publish) secara online.
  2. Artikel tidak melebihi 15 halaman termasuk gambar dan tabel yang termuat. File artikel harus berekstensi Microsoft Office (.doc/.docx). Dokumen artikel diketik pada kertas ukuran A4 (21cm x 29,7cm) menggunakan margin kiri 4 cm, margin atas 3 cm, margin bawah 3 cm, dan margin kanan 3
  3. Judul artikel (Font: Times New Roman, size: 12, bold (tebal), kapital), abstrak (Times New Roman, size: 11, bold (tebal), maksimum: 250 kata, dan kata kunci (Maksimum 5 kata kunci dan dipisahkan dengan tanda koma).
  4. Isi artikel
  • Teks utama diketik dua kolom dengan width 62 cm” dan spasi kolom 1.27 cm”, rata kiri kanan (justififed) menggunakan jenis huruf Times New Roman, size: 11. Paragraf menggunakan spasi 1,5, alignment: justified, indentation: baris pertama 0,5.
  • Artikel disajikan dalam bahasa Indonesia, jika memuat istilah-istilah berbahasa Inggris, maka ketik Italic.
  • Terdiri dari empat subbab: PENDAHULUAN, METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, dan KESIMPULAN DAN SARAN dan diikuti oleh acknowledgement/ UCAPAN TERIMAKASIH (opsional) dan DAFTAR PUSTAKA.
  • Judul subbab hasil dan pembahasan diketik tebal menggunakan Times New Roman, size: 11, spasi 1,5 Hasil menggambarkan temuan utama penelitian. Hal itu harus mengungkapkan dan menjelaskan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk tabel atau gambar yang diperoleh. Harap berikan pengantar untuk informasi yang disajikan pada tabel atau gambar. Pembahasan harus dapat mengeksplorasi pentingnya hasil penelitian. Sumber referensi lain (dari penelitian sebelumnya) bertujuan untuk memperkuat argumentasi dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Sumber-sumber referensi dalam pembahasan harus memenuhi persyaratan ilmiah (jurnal, buku teks atau prosiding).
  • Gambar dapat disajikan hitam putih atau berwarna, jika berwarna, harus dapat terlihat jelas. Posisi gambar harus proporsional terhadap keseluruhan badan teks. Jika bidang gambar tidak melewati lebar kolom, dapat disajikan dalam kolom, namun jika melebihi lebar kolom, maka disajikan ditengah merentang di dua Keterangan gambar diberi judul gambar dengan nomor berurutan.
  • Tabel dapat disajikan hitam putih atau berwarna, jika berwarna, harus dapat terbaca jelas. Posisi tabel harus proporsional terhadap keseluruhan badan teks. Jika bidang tabel tidak melewati lebar kolom, dapat disajikan dalam kolom, namun jika melebihi lebar kolom, maka disajikan di tengah merentang di dua kolom. Keterangan tabel diberi judul tabel dengan nomor berurutan.
  • Rumus atau formula matematis harus disajikan jelas menggunakan menu equation pada aplikasi pengolah kata, diberi nomor urut yang jelas dan keterangan yang
  1. Sitasi dan referensi mengikuti aturan APA 6th Style
    • Wikipedia, personal blog, atau website non saintifik tidak diperkenankan menjadi rujukan.
    • Referensi primer minimal sebanyak 80%
    • Referensi yang digunakan harus muthakir dan berusia maksimal 10 tahun
    • Dapat menggunakan aplikasi seperti Mendeley dalam mengorganisasi sitasi dan referensi
    • Dewan redaksi berhak menolak artikel berdasarkan penilaian reviewer dan membuat perubahan-perubahan yang dirasa perlu terkait penggunaan bahasa tanpa mengubah konten. Pengeditan substansi akan dikomunikasikan langsung dengan penulis (pertama).
  2. Membuat surat pernyataan Surat Pernyataan Keaslian Naskah

Info Selanjutnya:

E-mail  : jukep@unprimdn.ac.id