PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA KARYAWANDI BANK BUMN X MEDAN

Authors

  • Fernando Munthe Universitas HKBP Nommensen
  • Hotpascaman Simbolon Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.34012/psychoprima.v2i1.654

Abstract

Dalam menyelenggarakan pelayanan bermutu, salah satu yang perlu diperhatikan oleh organisasi adalah memberikan perhatian terhadap kepuasan kerja sehingga berdampak pada peningkatan kinerjanya. Karyawan yang memiliki kepuasan kerja yang tinggi akan cenderung memunculkan perilaku disiplin kerja yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap disiplin kerja karyawan di Bank BUMN X Medan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling sebanyak 53 orang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu kepuasan kerja diungkapkan oleh Luthans (2006) dan disiplin kerja  aspek disiplin kerja (Lateiner, 1983) dalam bentuk skala Likert.

Berdasarkan hasil analisa,ditemukan bahwa terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap disiplin kerja karyawan di Bank BUMN X Medan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,369 dan 63,1 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas penelitin dalam penelitian ini. Diskusi akan penelitian ini dingkapkan dalam Pembahasan.

Published

2019-10-03

How to Cite

Munthe, F., & Simbolon, H. (2019). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA KARYAWANDI BANK BUMN X MEDAN. Psikologi Prima, 2(1), 64-74. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v2i1.654

Issue

Section

Articles