DAMPAK MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN RETAIL BAJU

Authors

  • darni trisna yanti Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/psychoprima.v1i1.131

Keywords:

Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan pada salah satu perusahaan ritel medan – Medan Mall. Hipotesa yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan positif antara motovasi kerja dengan kualitas pelayanan. Dengan asumsi semakin tinggi motivasi kerja dari karyawan maka semakin tinggi pula kualitas pelayanan karyawan di perusahaan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  karyawan tetap sebanyak 208 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam studi ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji normalitas pada variabel motivasi kerja dalam penelitian ini diperoleh sebesar 0,183 dan untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 0,082 maka sebaran dalam penelitian ini dikatakan normal. Hasil uji linearitas hubungan variabel motivasi kerja karyawan dengan kualitas pelayanan di Salah satu perusahaan ritel medan – Medan Mall diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, maka variabel motivasi kerja dengan variabel kualitas pelayanan bersifat linear. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis data menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R square) = 0,065 dengan signifikansi 0,000 sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, bahwa motivasi karyawan berpengaruh namun sangat kecil dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Selanjutnya, Uji t menguji signifikansi koefisien regresi yaitu apakah motivasi kerja karyawan berpengaruh secara nyata terhadap kualitas pelayanan karyawan. Bahwa dengan syarat untuk uji t ( uji parsial) Thitung > Ttabel dimana nilai dari Thitung sebesar 5,020 dan Ttabel sebesar: Df = Jumlah sampel - 1 Df = 208 - 1 = 207 yaitu :  2,51. Jadi, dari perhitungan diatas maka dapat dinyatakan  signifikan dengan nilai 5,020> 2,51 (Thitung > Ttabel ).  

Downloads

Published

2018-07-19

How to Cite

trisna yanti, darni. (2018). DAMPAK MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN RETAIL BAJU. Psikologi Prima, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v1i1.131

Issue

Section

Articles