PENERAPAN METODE WEIGHT PRODUCT DALAM MENENTUKAN KINERJA PETUGAS DAMKAR TERBAIK PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN DELI SERDANG

Main Article Content

Nuraisana Nuraisana
Wira Apriani
Dinda Astari Permadi
Khairunisa Khairunisa

Abstract

Petugas pemadam kebakaran adalah orang yang bertugas dalam melakukan pemadaman api pada peristiwa kebakaran. Tidak hanya melakukan pemadaman, seorang petugas kebakaran juga memiliki tanggung jawab dalam hal penyelamatan. Selama ini penilaian kinerja petugas damkar pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang masih menggunakan cara yang manual yang  mana hanya melihat keadaan dilapangan saja  sehingga dirasa kurang efektif.  Untuk itu dibutuhkan suatu sistem  yang mana sistem tersebut mampu membantu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang dalam melakukan penilaian kinerja petugas Damkar terbaik. Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan sistem informasi terkomputerisasi yang dapat menghasilkan berbagai alternatif keputusan dalam membantu pemimpin saat menangani berbagai permasalahan baik semi terstruktur maupun tidak terstruktur dengan data dan model [1].  Metode Weighted Product (WP) merupakan salah satu metode penyelesaian yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah Multi Attribute Decision Making (MADM). Dengan menggunakan metode Weighted Product maka dapat ditentukan hasil kinerja petugas damkar terbaik pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nuraisana, W. Apriani, D. A. Permadi, and K. Khairunisa, “PENERAPAN METODE WEIGHT PRODUCT DALAM MENENTUKAN KINERJA PETUGAS DAMKAR TERBAIK PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN DELI SERDANG”, JUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 2, pp. 156 - 160, Mar. 2022.
Section
Articles