Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan COBIT 2019 pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional VI Kalimantan

Main Article Content

Gelsi Isabel Belo
Lovinta Happy Atrinawati
Yuyun Tri Wiranti

Abstract

PT Telekomunikasi Regional VI Kalimantan merupakan bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bertugas menyediakan layanan telekomunikasi di wilayah Kalimantan. Sebagai penyedia layanan telekomunikasi di wilayah Kalimantan, keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi. Hal ini tentu menuntut Telkom untuk meningkatkan pengelolaan pelayanan TI. Hal tersebut dapat dinilai bagaimana Telkom menerapkan teknologi informasi hampir di semua proses bisnis yang ada baik itu dari segi aplikasi, sistem informasi, jaringan, perangkat keras, data/informasi maupun infrastruktur. Selain itu, terdapat kendala dimana masih seringnya terjadi kesalahan dalam pengelolaan data dan respon terhadap perbaikan gangguan yang dialami oleh pelanggan dari penggunaan TI yang diterapkan. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu dilakukan perancangan tata kelola TI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 2019. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menghasilkan rancangan tata kelola/manajemen teknologi informasi dengan total 14 proses yang bersifat penting bagi perusahaan yang memiliki nilai ≥50. Maka, dengan dilakukannya penelitian ini dapat mendukung dalam meningkatkan tata kelola teknologi informasi yang baik, sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam memberikan layanan yang baik bagi customer maupun internal perusahaan PT Telekomunikasi Regional VI Kalimantan.

Article Details

How to Cite
[1]
G. I. Belo, L. . Happy Atrinawati, and Y. T. . Wiranti, “Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan COBIT 2019 pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional VI Kalimantan”, JUSIKOM PRIMA, vol. 4, no. 1, pp. 23 - 30, Sep. 2020.
Section
Articles