Gambaran soil transmitted helminths (STH) pada siswa SD

Authors

  • Liza Mutia Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/jpms.v2i1.848

Keywords:

Soil transmitted helminths, anak sekolah dasar

Abstract

Jumlah penderita infeksi cacingan pada anak SD cukup tinggi, hal ini dapat disebabkan karena sanitasi di lingkungan sekolah maupun rumah tidak terjaga dengan baik. Salah satu di antaranya adalah penyakit cacingan yang ditularkan melalui tanah (Soil Transmitted Helminths/STH)) seperti askariasis, trichuriasis, strongiloidiasis dan infeksi cacing tambang. Kurangnya sarana air bersih, sempitnya lahan tempat tinggal keluarga, kebiasaan makan dengan tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu dapat menyebabkan terjadinya infeksi STH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat infeksi kecacingan yang terjadi pada siswa SD NEGERI 060837 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel sebanyak 132 feses yang diambil dari siswa/i SD NEGERI 060837 Kel. Silalas Kec.Medan Petisah Medan. Pemeriksaan telur cacing menggunakan metode modifikasi kato-katz pemeriksaan sampel tinja dilakukan di Laboratorium Parasitologi di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik  Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan, dari hasil pemeriksaaan menunjukkan bahwa siswa SD NEGERI 060837 Medan yang terinfeksi  Soil Transmitted Helminths  sebanyak 37 orang (28 %) dengan rincian infeksi yaitu Ascaris lmbricoides sebanyak 28 orang (75,7%), Trichuris trichiura sebanyak 9 orang (24,3%), dan  tidak ditemukan Hookworm.

References

Kementerian Kesehatan Republik Indo-nesia. Penyakit Kecacingan Masih Di-anggap Hal Sepele. Jakarta. 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indo-nesia. Pedoman Pengendalian Kecaci-ngan. Direktorat Jendral PP dan PL Kementerian Kesehatan Republik Indo-nesia. Jakarta. 2012.

Centers for Disease Control and Preven-tion. United States of America. 2010.

World Health Organization. Soil-trans-mitted helminths infections. 2018.

Riwayati. Prevalensi Kecacingan Ascaris Lumbricoides Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera Vol. 11 No. 21: 2013.

Silitonga MM, Sudharmono U, Hutasoit M. Prevalensi Kecacingan Pada Murid Sekolah Dasar Negeri Di Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong Bandung Barat, Majalah Kedokteran Bandung, 2009.

Kartini S. Kejadian Kecacingan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru. Jurnal Kese-hatan Komunitas, Vol. 3, No. 2: 2016.

Ginting L. Infestasi Kecacingan pada Anak SD di Kecamatan Sei Bingai Kabu-paten Langkat. Jurnal Kesehatan Masya-rakat Nasional Vol. 1, No. 1: 2006.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Mutia, L. (2020). Gambaran soil transmitted helminths (STH) pada siswa SD. Jurnal Prima Medika Sains, 2(1), 10-13. https://doi.org/10.34012/jpms.v2i1.848

Issue

Section

Original Article