Isolasi Lactobacillus sp dari susu segar kemasan dan uji antimikroba terhadap bakteri patogen Salmonella sp dan Streptococcus mutan

Authors

  • Adhayani Lubis Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Oliviti Natali Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Ade Arhamni Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Masyitah Masyitah Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Ariyanto Ariyanto Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Hans Hotma Haposan Marpaung Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia
  • Linda Panjaitan Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jpms.v3i1.1763

Keywords:

susu, Lactobacillus sp, probiotik, Salmonella sp, Streptococcus mutans

Abstract

Nilai gizi yang tinggi pada susu merupakan media yang baik untuk pertumbuhan berbagai macam mikroorganisme, baik yang menguntungkan maupun yang dapat membahayakan manusia. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan Lactobacillus sp  yang diisolasi dari susu segar terhadap bakteri patogen Gram (+) dan Gram (-) yaitu Salmonella sp, Streptococcus mutan secara in vitro. Hasil penelitian menunjukkan total populasi BAL pada susu segar kemasan adalah 200x108 CFU/g. Pada pewarnaan Gram menujukkan hasil pewarnaan Gram yang positif, sedangkan pada uji katalase menjukkan reaksi yang negatif dan uji aktivitas antimikroba yang menggunakan metode difusica kram MRS broth. Susu segar kemasan mampu menghambat Salmonella sp dengan zona hambat tertinggi adalah 11,925 mm sedangkan pada Streptococcus mutans mampu menghambat dengan zona tertinggi yaitu 13,45 mm.

References

Grahatika R. Identifikasi Dan Pemeriksaan Jumlah Total Bakteri Pada Susu Sapi di Kabupaten Karanganyar. Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2009

Nurhidayah M, Ginting S, Lubis Z. Pengaruh Konsentrasi Susu Sapi Segar Dan Konsentrasi Dekstrin Terhadap Mutu Minuman Cokelat Instan. J.Rekayasa Pangan dan Pert. Vol. 2 No. 3: 2014

Suwito W. Bakteri Yang Sering Mencemari Susu: Deteksi, Patogenesis, Epidemiologi, dan Cara Pengendaliannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian Vol. 29 No. 3: 2010

Widiyaningsih EN. Peran Probiotik Untuk Kesehatan. Jurnal Kesehatan Vol. 4 No. 1: 14-20. 2011.

Nahak RJ, Khotimah S, Turnip M. Aspek mikrobiologis susu sapi murni dengan penambahan sari rimpang Bangle (Zingiber cassumunar Roxb). Jurnal Protobiont Vol.3 No.3: 2014.

Sari AR, Nofiani R, Puji A. Karakterisasi Bakteri Asam Laktat Genus Leuconostoc Dari Pekasam Ale-Ale Hasil Formulasi Skala Laboratorium. Jurnal Kimia Khatulistiwa Vol.1 No.1: 2012.

Wennanda NG, Kasim AN. Pembuatan Minuman Fermentasi Ubi Jalar Merah (Ipomea batatas) dengan Menggunakan Starter Dadih dari Berbagai Daerah di Sumatra Barat. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas. 2012.

Leboffe M, Pierce B. A Photographic Atlas for the Microbiology Laboratory. 4th Edition, Morton, Englewood. 2011.

Fachrial E. Isolasi, Aktivitas Antimikroba, Karakterisasi Bakterosin Dan Identifikasi Molekular 16sRrna Bakteri Asam Laktat Dari Dadih Asal Kabupaten Solok Sumatera Barat. Universitas Andalas. 2015.

Lebeer S, Vanderleyden J, De Keersmaecker SC. Genes and molecules of lactobacilli supporting probiotic action. Microbiol Mol Biol Rev.72(4):728-64. doi: 10.1128/MMBR.00017-08. 2008.

Nurliana, Sudirman I, Sudarwanto M, Soejoedono RR. Pengaruh Bakteriosin Produksi Bakteri Asam Laktat Isolat Indonesia terhadap Jumlah Bakteri dalam Susu Pasteurisasi. Agripet. 9(1): 50-56. 2009.

Usmiati S, Marwati T. Seleksi Dan Optimasi Proses Produksi Bakteriosin Dari Lactobacillus Sp. J.Pascapanen 4(1) : 27-37. 2007.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Lubis, A., Natali, O. ., Arhamni, A., Masyitah, M., Ariyanto, A., Marpaung, H. H. H. ., & Panjaitan, L. . (2021). Isolasi Lactobacillus sp dari susu segar kemasan dan uji antimikroba terhadap bakteri patogen Salmonella sp dan Streptococcus mutan. Jurnal Prima Medika Sains, 3(1), 18-22. https://doi.org/10.34012/jpms.v3i1.1763

Issue

Section

Original Article