SOSIALISASI PENINGKATAN KREATIVITAS DAN FOKUS MELALUI PENERAPAN WARNA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN PROSES TOTE BAG PAINTING

Authors

  • Sari Desi Minta Ito Simbolon Universitas Prima Indonesia

Abstract

Pengenalan warna telah menjadi bagian dari standar kompetensi mata pelajaran seni rupa yang di terapkan di berbagai sekolah. Mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar bahkan sampai ke tingkat mahasiswa. Pengenalan warna di sekolah umumnya terbatas pada media berupa kertas. Agar lebih mengasah kreativitas siswa terhadap warna bisa dilakukan dengan berbagai media lainnya seperti kanvas, ataupun bentuk properti benda siap pakai seperti tas belacu/tote bag. Maka dapat dilakukan sosialisasi dalam bentuk pelatihan atau workshop pengaplikasian warna untuk menstimulasi visual siswa terhadap warna yang nantinya akan mempengaruhi tingkat kreativitas siswa dan fokus menggunakan teknik melukis pada media tas blacu/tote bag. Dengan ruang lingkup kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan teknik painting dengan media totebag dalam menghasilkan produk kreatif melalui pengaplikasian warna sehingga tak hanya memiliki nilai kreatif tapi juga ada nilai jual produk.

References

A. Dameria, "Color Basic Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika", Indonesia: Link and Match Graphic, 2007

R. Nugroho, Sumiati "Pelatihan aplikasi wana produk kreatif untuk siswa SDS Dasana Indah-Teknik Cap pada tas Blacu ", Jakarta Barat,Indonesia: Universitas Esa Unggul, 2019

Meilani, " Penerapan lingkaran warna dalam berbusana", Indonesia: Universitas Binus, 2013

V. Henderson, P. Henshaw, " Color Me Confident: Change Your Look - Change Your Life ", Amerika: Hamlyn, 2008

D. Lia, K. Nina, D. Delrefi " Peningkatan Kreativitas dalam Kegiatan Mewarnai dengan Menggunakan Metode Demonstrasiā€, Indonesia: Jurnal Ilmiah Potensia, Vol 1(2) 2016

R. Alifia Ainun, Widyastuti, R. Ahmad "Pengaruh Mewarnai Mandala dalam Mengurangi Stres pada Narapidana di Lapas Kelas I Makassar", Fakultas Psikologi UNM: Jurnal Psikologi Udayana, 2020

M. Nieta "Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun", FKIP Untan, Pontianak: 2008

A. Roni, W. Efri, M. Rizki "The Influence of Mandala Pattern Colouring Therapy Toward Academic Stress Level on First Grade Students at Nursing Undergraduate Study Program", Fakultas Keperawatan Bhakti Kencana Bandung: NurseLine Journal, 2020

R. Noviany, S. Niswa, "Kegiatan Mewarnai Sebagai Dukungan Psikologis Anak Didik di Masa Pandemi Covid-19 Bersama Anak Sekolah Dasar di Dusun Ruva Bakubakulu Kecamatan Palolo", STIK Indonesia Jaya: 2023

Aisyah "Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini", Surabaya: Jurnal Obsesi, 2017

A. Rahmat "Studi Deskriptif Tentang Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertsms di Kota Malang", Indonesia: Jurnal Psikoislamika, 2006

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Simbolon, S. D. M. I. (2024). SOSIALISASI PENINGKATAN KREATIVITAS DAN FOKUS MELALUI PENERAPAN WARNA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN PROSES TOTE BAG PAINTING. Jurnal Mitra Prima, 6(2). Retrieved from https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/mitra_prima/article/view/5580