Core Banking Testing Pada Fitur Customer Transaction di BPR Lestari Bali

Main Article Content

Putu Arya Novianingsih Ni Putu Yuliawati
Nengah Widya Utami
I Gusti Agung Pramesti Dwi Putri

Abstract

BPR Lestari Bali adalah salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terbesar di Bali yang dikenal sebagai pelopor dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat lokal. Saat ini, BPR Lestari tengah merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi aktivitas perbankan melalui implementasi sistem terintegrasi, yaitu Core Banking System (CBS). CBS merupakan platform yang dirancang untuk mengelola berbagai operasi inti perbankan, seperti penyimpanan data nasabah, transaksi harian, dan layanan digital. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji CBS yang telah dikembangkan menggunakan metode BlackBox Testing dengan teknik Equivalence Partitioning, yang menekankan evaluasi fungsionalitas sistem tanpa menganalisis struktur internal kode. Pengujian dilakukan fokus pada fitur Customer Transaction, yang terdiri dari enam modul utama, yaitu: Transaction, Deposit, Customer, Collateral, Account & Wallet, serta Lending. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan mencapai 98,38%. Lima dari enam modul berhasil menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 100%, sedangkan modul Customer mencapai tingkat keberhasilan 87,5% akibat adanya bug yang memerlukan penyelesaian lebih lanjut oleh developer. Dari pengujian ini, dapat disimpulkan bahwa metode BlackBox Testing dengan teknik Equivalence Partitioning efektif dalam memastikan fungsionalitas CBS, mengurangi risiko gangguan layanan, dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap sistem.

Article Details

How to Cite
[1]
P. A. N. Ni Putu Yuliawati, N. . Widya Utami, and I. G. A. P. . Dwi Putri, “Core Banking Testing Pada Fitur Customer Transaction di BPR Lestari Bali”, JUSIKOM PRIMA, vol. 8, no. 2, pp. 36-46, Feb. 2025.
Section
Articles