PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTIONS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sempling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa, kelas diajar dengan model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif dan kelas XI Pemasaran 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 siswa, kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk uraian.
Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 21.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnova untuk melihat normalitas data pre-test dan post-test, kelas eksperimen diperoleh nilai Sig pre-test = 0,089 dan nilai Sig post-test = 0,073 dengan α = 0,05, karena nilai Sig pada pre-test dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas eksperimen berasal dari distribusi normal. Untuk kelas kontrol nilai Dmax pre-test = 0,169 dan Sig post-test = 0,200 dengan Dtabel = 0,242 dan α = 0,05, karena nilai Dmax pada pre-test < Dtabel dan post-test > α maka data hasil penelitian untuk kelas kontrol berasal dari distribusi normal. Hasil uji homogenitas yang digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa, maka diperoleh data pre test untuk Fhit = 1,23 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen dan untuk data post test diperoleh Fhit = 2,36 dan Ftabel = 1,85 dengan α = 0,05 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok heterogen.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Explicit Instruction dengan menggunakan multimedia interaktif terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda. Hasil pembelajaran KKPI menggunakan model Explicit Instruction dengan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil pembelajaran KKPI menggunakan metode konvensional.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts through the Journal of Information Systems and Computer Science agree to the following:
- Copyright to the manuscripts of scientific papers in this Journal is held by the author.
- The author surrenders the rights when first publishing the manuscript of his scientific work and simultaneously the author grants permission / license by referring to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License to other parties to distribute his scientific work while still giving credit to the author and the Journal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work.
- Matters relating to the non-exclusivity of the distribution of the Journal that publishes the author's scientific work can be agreed separately (for example: requests to place the work in the library of an institution or publish it as a book) with the author as one of the parties to the agreement and with credit to sJournal of Information Systems and Computer Science as the first publication medium for the work in question.
- Authors can and are expected to publish their work online (e.g. in a Repository or on their Organization's/Institution's website) before and during the manuscript submission process, as such efforts can increase citation exchange earlier and with a wider scope.