PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI DI RS NUR HIDAYAH BANTUL

Authors

  • Nofiriyani Nofiriyani Poltekkes Permata Indonesia
  • Harinto Nur Seha Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta https://orcid.org/0009-0004-8809-2954
  • Rina Yulida Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta
  • Nisa Aida Nurazizzah Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i2.5325

Abstract

Penumpukan antrean pasien pada proses pendaftaran menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai di Rumah Sakit. Guna mengatasi hal tersebut, Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul melakukan inovasi terkait dengan penggunaan sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri. Anjungan Pendaftaran Mandiri merupakan mesin pendukung pelayanan pendaftaran tanpa perlu melewati proses antrean di loket pendaftaran. Aplikasi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kepuasan pengguna. Namun, pada penerapannya, terdapat aspek-aspek yang perlu diperhatikan agar sistem ini dapat berjalan dengan baik, salah satunya adalah mengetahui pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna. Sebanyak 164 pasien di unit rawat jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis dilakukan dengan metode bivariat dengan uji regresi linear sederhana yang dilengkapi  dengan dua variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem memiliki peran dalam mempengaruhi kepuasan pengguna untuk terus mengadopsi sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh dari kualitas sistem terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan <0.05. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat digunakan sebagai rujukan kebijakan pengembangan aplikasi selanjutnya.

References

Agus Widiantara IP, Karuniati NN, Noor M. Efektivitas Penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri Untuk Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Mata Bali Mandara Di Denpasar. J Ilmu Sos dan Ilmu Polit. 2023;9–24.

Lingga NB, Ruslan R, Aldian MR. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Kinerja Karyawan Pada Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Mobiz Di Pt. Nusa Mandiri Utama. Nusa Mandiri Utama, Syntax Idea. 2022;4(3):566–84.

Sari MM, Ismainar H, Irfa V, Sarmida R, Simanjuntak C. Anjungan Pendaftaran Mandiri Dirumah Sakit Awal Bros Pekanbaru Tahun 2023. 2024;8(April):1207–22.

Marliana N, Widyaningsih C, Istiqlal H. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) RSKD Duren Sawit dengan Metode EUCS. J Manaj dan Adm Rumah Sakit Indones. 2023;7(1):65–77.

Purba PP. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes J Ilm Rekam Medis dan Inform Kesehat. 2022;12(1):44–8.

Fitriyah Y, Mazaya S, Ardiani I. Evaluasi Efektivitas Penggunaan Mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri Di Puskesmas Sentolo I Kulon Progo. Pros Semin Inf Kesehat Nas. 2023;255–60.

Anggrawan A, Hairani H, Azmi N. Prediksi Penjualan Produk Unilever Menggunakan Metode Regresi Linear. J Bumigora Inf Technol. 2022;4(2):123–32.

Utomo LT, Ardianto YT, Sisharini N. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. J Teknol dan Manaj Inform. 2017;3(2).

Yuniarti IF, Novrikasari N, Misnaniarti M. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Pengguna dan Dampaknya pada Manfaat Bersih (Penelitian terhadap Sistem Informasi Surveilans Penyakit Tidak Menular). J Epidemiol Kesehat Komunitas. 2021;6(1):161–80.

Nainggolan RRE, Aqil MH. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Pemerintah Kota Pagar Alam. J Teknol dan Komun Pemerintah. 2023;5(2):229–49.

Downloads

Published

2024-07-16

Issue

Section

Articles