ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ASURANSI KESEHATAN: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i1.4990Abstract
Asuransi kesehatan menjadi bagian penting dalam upaya menjaga kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, terdapat beragam pilihan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih asuransi kesehatan. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka terhadap artikel-artikel yang relevan dari tahun 2019 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti karakteristik personal, faktor sosial, kualitas pelayanan, pengetahuan, motivasi, promosi, dan norma budaya memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Faktor pribadi seperti pekerjaan orang tua, kondisi ekonomi, dan gaya hidup turut memengaruhi keputusan pembelian asuransi kesehatan. Selain itu, faktor sosial seperti hubungan dengan keluarga dan kelompok referensi juga berperan dalam pengambilan keputusan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, tingkat pengetahuan konsumen, motivasi untuk melindungi diri dari risiko kesehatan, promosi produk asuransi, dan norma budaya juga memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya perusahaan asuransi untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.
Kata kunci: Asuransi kesehatan, keputusan konsumen, faktor-faktor pengaruh, strategi pemasaran, layanan kesehatan.
References
Agustina, M. (2019) ‘Implementasi Metode Multi Factor Evaluation Process (Mfep) Dalam Membuat Keputusan Untuk Memilih Asuransi Kesehatan’, Jurnal Ilmiah Matrik, 21(2), pp. 108–117. Available at: https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v21i2.574.
Laturrakhmi, Y.F., Swastikawara, S. and Wardasari, N. (2020) ‘Analisis Perilaku Masyarakat Pedesaan Terhadap Asuransi Kesehatan Nasional Dalam Perspektif Komunikasi Kesehatan’, Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(2), pp. 87–100. Available at: https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i2.10040.
Taswin et al. (2022) Buku Ajar Asuransi Kesehatan. Jakarta: CV Feniks Muda Sejahtera.
Laela, D.S., Nurnaningsih, H. and Chaerudin, D.R. (2022) Pengantar Manajemen Pelayanan Kesehatan Gigi. Pekalongan: Penerbit NEM.
Efendi, F. and Makhfudli (2019) Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika.
Supriyanto, S., Ernawaty and Budi, F.E. (2018) Sistem Pembiayaan dan Asuransi Kesehatan.
Yusrani, K.G. et al. (2023) ‘Studi Literatur : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat dalam Memilih Asuransi Kesehatan’, Jurnal Medika Husada, 3(1), pp. 37–50. Available at: https://doi.org/10.59744/jumeha.v3i1.39.
Sofuwan, T. M., & Nurrahmi, M. (2015). Pengaruh karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian produk asuransi pada PT Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–14.
Cenora, E., & Hermawan, D. (2022). Asuransi dan Pandemi Covid-19: Peran Persepsi Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 386–394. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1033
Sissah, & dkk. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Asuransi Syariah (Studi Pada Nasabah PT. Asuransi Jasa Raharja Putera Cabang Jambi). Journal of Student Research (JSR), Vol.1, No.5(5), 438–458. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5
Yudistira Abdi. (2021). Asuransi Dalam Memilih Produk Kesehatan Pada Pt . Asuransi Prudential Syariah. 1(2), 25–40.
Afriyani, I., Nurhayati, & Sri Yani Kusumastuti. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Terhadap Produk Asuransi Kesehatan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 291–302. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15407
Qoriani, H. F. (2022). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dalam Keputusan Pembelian Asuransi Kesehatan Allisya Care Sidoarjo. Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(3), 8–14.
Munandar. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Espresso. Jurnal Visioner Dan Strategis, 6(1), 1–9.
Hudani, A. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 99–107. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.195
Utama, A. Y. P. (2018). Analisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian polis asuransi. Management and Business Review, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.21067/mbr.v2i1.4724
Nugroho, S. (2023). Analysis of The Influence of Personal Factors and The Quality of Health Facilities Services and The Quality of Insurance Services on The Intention to Pay Health Insurance Contributions With Participant Satisfaction as an Intervening Variable. International Journal of Social Service and Research, 3(9), 2193–2205. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i9.534
Rafidah, F., Adi, S., & Ulfah, N. H. (2019). Faktor Predisposing, Enabling Dan Reinforcing Dengan Keputusan Pembelian Premi Bpjs Kesehatan. Preventia : The Indonesian Journal of Public Health, 4(1), 23. https://doi.org/10.17977/um044v4i1p23-35
Sipakoly, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Asuransi (Studi Kasus Produk Sinarmas MSIG life Link 88 pada PT. Asuransi Jiwa SinarmasMSIG life Cabang Ambon). Jurnal Maneksi, 8(2), 243–253. https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.330