PENDIDIKAN KESEHATAN STRATEGI KOPING STRES MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP EFIKASI DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI

Authors

  • Alfadillah Eka Rismawati Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Nia Handayani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Vita Purnamasari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i2.4974

Keywords:

Efikasi Diri, Strategi Koping Stres

Abstract

Stres yang berkepanjangan dapat melemahkan kesehatan fisik maupun psikologis. Individu dalam menghadapi stres memiliki strategi yang berbeda-beda, strategi inilah yang disebut dengan strategi koping stres. Strategi koping stres yang tepat membantu individu tetap produktif meskipun sedang mengalami stres. Efikasi diri menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi strategi koping stres dan efikasi diri dapat ditingkatkan melalui pemberian pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan strategi koping stres menggunakan media audio visual terhadap efikasi diri mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan pre-experimental design one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah media audio visual terkait strategi koping stress dan kuesioner yang dimodifikasi dari kuesioner baku General Self Efficacy. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Pengaruh pendidikan kesehatan strategi koping stres menggunakan media audio visual terhadap tingkat efikasi diri mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta digambarkan melalui nilai sig. (2- tailed)/ p value. Nilai sig. (2- tailed) dalam penelitian ini dilihat melalui uji statistik non parametrik wilcoxon dan didapatkan nilai p-value sebesar 0.000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara efikasi diri mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles