HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PASIEN DENGAN PEMANFAATAN LAYANAN BPJS KESEHATAN DI RSI MALAHAYATI MEDAN

Authors

  • Tri Budiarti STIKes Malahayati Medan

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v8i1.4709

Abstract

Pelayanan kesehatan yang baik ialah sesuatu kebutuhan warga serta kerap kali menjadi dimensi dalam keberhasilan pembangunan. Menyadari kalau pelayanan kesehatan jadi kebutuhan tiap warga sehingga pemerintah berupaya dari waktu ke waktu buat menciptakan program-program yang bisa tingkatkan pelayanan kesehatan secara global. Salah satu program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia merupakan penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dari data RSI Malahayati Medan Desember Tahun 2023 dengan jumlah sebanyak 420 pasien. Dari hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui pengetahuan dan persepsi dengan pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan di RSI Malahayati Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat sebanyak 420 pasien dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 pasien. Analisis data dengan menggunakan Chi Square. Dari hasil penelitian pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan sebanyak 62,7% dan tidak memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan sebanyak 37,3%. Kemudian dari hasil analisis bivariat bahwa variabel pengetahuan dan persepsi pasien berhubungan dengan pemanfaataan layanan BPJS Kesehatan, yaitu pengetahuan dan persepsi pasien dengan nilai p=0,001 dan nilai p=0,002. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah memberikan penyuluhan mengenai pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan dan prosedur penggunaannya.

Kata kunci: Pengetahuan, persepsi, layanan BPJS Kesehatan

 

Downloads

Published

2024-01-29