Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam
DOI:
https://doi.org/10.34012/jkpi.v6i2.3369Abstract
Pelayanan rumah sakit merupakan kebutuhan masyarakat yang perlu ditingkatkan sehingga dapat memuaskan pasien dan pengunjung. Kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Royal Prima Medan khususnya di ruangan poliklinik penyakit dalam pada bulan juni-juli 2021 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam di rumah sakit Royal Prima Medan. Jenis penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel 96 responden dengan pengambilan sampel secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Chi-squre. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan bukti fisik dan kehandalan terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam dan ada hubungan daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan poliklinik penyakit dalam. Diharapkan bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan pelayanan dan prasarana didalam lingkungan rumah sakit dan mampu mempertahankan kualitas daya tanggap, jaminan dan empati.