KLASIFIKASI KENAIKAN KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AL-ULUM MEDAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
Keywords:
pendidikan, penilaian akademik, klasifikasi data, naive bayesAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan suatu negara. Oleh karena itu, pengelolaan peserta didik harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penilaian akademik menjadi salah satu indikator utama untuk mengembangkan kemampuan individu, meliputi penilaian nilai ujian, aspek kepribadian, dan tingkat kehadiran, yang digunakan untuk menentukan kelulusan atau kenaikan kelas. Saat ini, proses penentuan nilai, kriteria, serta bobot masing-masing kriteria masih dilakukan secara manual. Untuk itu, diperlukan penelitian yang bertujuan menganalisis data terkait kenaikan kelas guna membantu para guru dalam pengambilan keputusan. Algoritma Naïve Bayes, sebagai salah satu metode klasifikasi data, dapat digunakan untuk menentukan apakah seorang siswa naik kelas atau tidak. Penelitian ini mencakup beberapa tahapan, seperti input data, transformasi data, pembagian data, hingga prediksi hasil. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma Naïve Bayes mencapai tingkat akurasi sebesar 92% dari total 137 data, yang terdiri atas 95 data latih dan 42 data uji. Akurasi ini menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes dapat menjadi metode yang efektif untuk mendukung penilaian dan pengambilan keputusan terkait kenaikan kelas di sekolah menengah atas.