MODUL MATCHING FUND Pemberdayaan Keluarga Menuju Kesejahteraan Masyarakat (PEKA) bagi Pasien Kanker dan Keluarga

Authors

  • I.Nyoman E.L Universitas Prima Indonesia

Abstract

Penyakit kanker adalah suatu penyakit degeneratif dan bersifat kronis. Sudah banyak kemajuan di bidang kesehatan dalam penanganan penyakit ini. Namun, masih banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah dan lembaga kesehatan dalam menangani penyakit ini. Hal ini juga tidak terlepas dari peranan keluarga dalam mendukung pemulihan pasien kanker yang juga merupakan anggota keluarganya.

Untuk mendukung keluarga dan pasien kanker dalam menjalani pemulihannya, kami bersyukur dapat membuat modul ini sebagai panduan jika pelatihan sejenis terkait kesehatan mental para keluarga dan pasien kanker dilakukan. Modul ini dapat menjadi manual yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Modul ini berisikan panduan ketika fasilitator ingin membawakan topik tentang kesehatan jiwa, pola komunikasi yang sehat dalam keluarga dan manajemen stres yang di bagian akhir disediakan panduan dalam melakukan teknik relaksasi.

Semoga modul ini ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan modul PEKA bagi keluarga dan pasien kanker ini.

Downloads

Published

2022-11-02

Issue

Section

Articles