SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA BARU KELAS UNGGULAN DENGAN METODE MOORA (Studi Kasus : MTs N 1 LOMBOK TENGAH)

  • sofiansyah Fadli STMIK Lombok

Abstract

Siswa kelas unggulan merupakan siswa yang terdiri dari orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan yang lebih menonjol bila dibandingkan  dengan siswa kelas biasa. MTs N 1 Lombok Tengah merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan adanya pemilihan kelas unggulan dimana tiap tahunnya sekolah tersebut menyeleksi ratusan siswa baru untuk masuk ke kelas unggulan yang hanya diperuntukkan untuk 60 siswa baru (2 kelas). Proses pemilihannya masih menggunakan sistem manual, yaitu dilihat dari nilai-nilai yang sudah ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria  yang ada. Pemilihan dengan cara tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidak efektif dan efesien. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk menentukan siswa baru kelas unggulan yaitu Multi-Objective Optimization on the basic of Ratio Analysis (MOORA) dimana diperlukan proses normalisasi dalam perhitungan ini. Hasil penelitian dengan metode MOORA membuktikan bahwa aplikasi ini dapat membantu Panitia dalam proses penyeleksian siswa baru kelas unggulan.

Published
2019-04-01
How to Cite
FADLI, sofiansyah. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SISWA BARU KELAS UNGGULAN DENGAN METODE MOORA (Studi Kasus : MTs N 1 LOMBOK TENGAH). Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-30, apr. 2019. ISSN 2621-234X. Available at: <http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/416>. Date accessed: 26 apr. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.