EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN SEWA KAMAR HOTEL SECARA ONLINE PADA GRAND SAKURA HOTEL MEDAN

Authors

  • Desi R. Sinambela Universitas Methodist Indonesia
  • Dimita Hemalli Premasari Purba Universitas Methodist Indonesia
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i2.1377

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Sewa Kamar, Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pendapatan sewa kamar hotel secara online oleh Grand Sakura Hotel Medan. Dalam penulisan skripsi ini jenis data yang digunakan adalah data sekunder, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis telah melakukan analisis dan juga telah mendapatkan hasil terhadap evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi sewa kamar hotel secara online pada Grand Sakura Hotel Medan, Dan dapat diambil beberapa kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: a) Pelaksanann pemesanan kamar secara online melalui aplikasi yang disediakan sudah memenuhi standart yang telah disediakan perusahaan. b) Dokumen dokumen yang di gunakan oleh perusahaan dalam pemesanan kamar secara online telah cukup dan memadai. c) Pencatatan pendapatan sudah menggunakan SAP (System Aplication and Processing).

References

Amadea, Novel. 2016. EvaluasiSistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Atas

Penjualan Kamar Hotel study kasus pada Hotel Ibis Styles Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Anastasia, Diana. Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, proses dan penerapan. Edisi 1.

Baridwan, Zaki. 2010. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Dhara, Putri. 2018. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Jasa Kamar Hotel Studi Kasus Pada Hotel Pelangi Malang. Jurnal Akuntansi Indonesia. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Vol. 23 No 2

Fitriasari, Dewi. 2011. Information system and bussines.

Ghitha, Dinan. 2014. Sistem Informasi Reservasi kamar hotel Berbasis Web pada Hotel Chandra Cimahi. Jurnal Akuntansi Indonesia. Universitas Komputer Indonesia. Vol 17 No 6

Halawa, R. P., Rumapea, M., & Jamaluddin, J. 2019. Penerapan Electronic Data Processing (EDP) Dalam Pengolahan Data Akuntansi Pada PT Jefrindo Medan. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(1), 30-39.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta. Lakbang Grafika.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Pura, Rahman. 2013. Prosedur Pendapatan. Jakarta: SalembaEmpat.

Ramdani. 2013. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kamar dan Penerimaan Kas pada Hotel Renggonang Sekayu. Skripsi. Universitas Muhamadyah Palembang.

Romney, Marshall dan Stenbart. 2016. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Saidah. 2018. Analisis Sistem Informasi Siklus Pendapatan Dengan Menggunakan Aplikasi Traveloka Hotel Tampiarto. Jurnal Akuntansi Bisnis. Universitas Maulana Malik Ibrahim. Malang. Vol 22 No 07.

Simamora, Hendy. 2010. Management Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Soemarso, S. R. 2012. Pengantar Akuntansi, Edisi Keempat. Jakarta: Rineke Cipta.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya

Yuyung, Rizka. 2012. “Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan (Studi Kasus pada Hotel Patria Palace Blitar)”. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 4 No.1. Hal 27-52.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Sinambela, D. R. ., Purba, D. H. P. ., & Jamaluddin, J. (2020). EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN SEWA KAMAR HOTEL SECARA ONLINE PADA GRAND SAKURA HOTEL MEDAN. JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER PRIMA (JUTIKOMP), 3(2), 489-495. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v3i2.1377

Most read articles by the same author(s)