Hubungan sanitasi lingkungan dan personal hygiene ibu dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Sidorejo Puskemas Sering Kota Medan

Authors

  • Tarianna Ginting Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia
  • Siti Hastia Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Diare, sanitasi lingkungan, personal hygiene ibu

Abstract

Penyakit diare sering menyerang balita dan jika tidak dilakukan penanganan lebih lanjut akan menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan kematian. Banyak faktor risiko yang diduga menyebabkan terjadinya penyakit diare pada balita. Faktor lingkungan yang meliputi sarana air bersih, sanitasi jamban, kondisi rumah, kualitas air minum dan personal hygiene yang buruk dapat menyebabkan terjadinya kasus diare pada balita. Prevalensi diare pada balita di Puskesmas Sering mengalami peningkatan setiap bulannya. Tahun 2017 jumlah kasus diare pada balita usia 1-4 tahun sebanyak 26 kasus, tahun 2018 berjumlah 123 kasus dan menduduki peringkat ke 3 dari 10 penyakit terbesar di Puskesmas Sering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sanitasi lingkungan dan personal hygiene ibu dengan kejadian diare pada balita di Puskesmas Sering. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain crosssectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sanitasi lingkungan (p=0,001) dan personal hygiene ibu (p=0,002) dengan kejadian diare pada balita. Disarankan kepada ibu dari anak balita responden untuk selalu menjaga lingkungan dan sadar akan kebersihan tubuh juga makanan.

References

Ariani AP. Diare: Pencegahan & Pengobatannya. Nuha Medika. Yogyakarta; 2016

Hartati S, Nurazila. Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari Pekanbaru. Jurnal Endurance Vol. 3 No. 2 p. 400-407; 2018.

Berhe H, Mihret A, Yitayih G. Prevalence of Diarrhea and Associated Factors Among Children Under-Five Years of Age In Enderta Woreda, Tigray, Northern Ethiopia, 2014. International Journal of Therapeutic Applications, Vol. 31. p. 32-37; 2016.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta; 2019.

Wardhani, DPK. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Frekuensi Kejadian Diare Pada Bayi Umur 7-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masayarakat Vol. 1 No.2 p. 945-954; 2012.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Situasi Diare di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. Jakarta; 2011.

Siregar W. Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Personal Hygiene Ibu dengan Kejadian Diare pada Balita di Lingkungan Pintu Angin Kelurahan Sibolga Hilir Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga Tahun 2016. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2016.

Ferllando HT, Asfawi S. Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan dan Personal Hygiene Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang. Jurnal Kesehatan VisiKes Vol. 14 No. 2 p.131-138; 2015.

Fatonah S. Hygiene dan Sanitasi Makanan. Universitas Negeri Semarang Press. Semarang; 2005

Fiesta OS. Hubungan Kondisi Lingkungan Perumahan Dengan Kejadian Diare Di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2012. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2013

Tambuwun F, Ismanto AY, Silolonga W. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bahu Manado. e-Journal keperawatan (e-Kp) Vol. 3 No. 2; 2015

Lidiawati W. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Angka Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Meuraxa Tahun 2016. Serambi Saintia Vol. 4 No. 2; 2016.

Rahman HF, Widoyo S, Siswanto H, Biantoro. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Di Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso. NurseLine Journal Vol 1 No. 1 p.24-35; 2016.

Langit LS. Hubungan Kondisi Sanitasi Dasar Rumah Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang 2. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Vol. 4 No. 2 p.160-165; 2016

Wahid S, Ratag BT. Malonda N. Hubungan Antara Personal Hygiene Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita Di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua Kota Manado Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mokodompit A, Ismanto AY, Onibala F. Hubungan Tindakan Personal Hygiene Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Puskesmas Bilalang Kota Kotamobagu. e-Journal keperawatan (e-Kp) Vol. 3 No. 2; 2015

Downloads

Published

2019-10-23

How to Cite

Ginting, T., & Hastia, S. (2019). Hubungan sanitasi lingkungan dan personal hygiene ibu dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Sidorejo Puskemas Sering Kota Medan. Jurnal Prima Medika Sains, 1(1), 12-17. Retrieved from http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JPMS/article/view/728

Issue

Section

Original Article