FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PEMBERANTASAN MALARIA

Authors

  • Fajar Hayati Kesehatan Masyarakat, Institut Helvetia
  • Ismail Efendy Kesehatan Masyarakat, Institut Helvetia
  • Asriwati Asriwati Kesehatan Masyarakat, Institut Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jkpi.v2i1.889

Keywords:

pengetahuan, sikap, prilaku masyarakat, malaria

Abstract

ABSTRAK

 

Penyakit malaria merupakan salah satu masalah kesehatan di hampir seluruh belahan dunia, terutama di negara–negara beriklim tropik dan sub tropik, baik sebagai penyakit endemik maupun epidemik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor yang memengaruhi perilaku masyarakat dalam pemberantasan malaria diDesa Sekerak Kanan  Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah surveianalitik dengan rancangan cross sectional study yang bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi perilaku masyarakat dalam pemberantasan malaria dengan model pendekatankuantitatif.Ada pengaruh pengetahuan (p=0,045), sikap (p=0,024), kemampuan ekonomi (p=0,015), lingkungan tempat tinggal (p=0,025), penyuluhan tenaga kesehatanmasyarakat (p=0,005). Adapun variabel yang paling berpengaruh dalam pemberantasan malaria di Desa Sekerak Kanan  Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019, yaitu variabel kemampuan ekonomi (p=0,008).Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengetahuan, sikap, kemampuan ekonomi, lingkungan tempat tinggal, penyuluhan tenaga kesehatanmasyarakat, berpengaruh dalam pemberantasan malaria di Desa Sekerak Kanan  Kecamatan Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019. Sehingga disarankan agar masyarakat dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan dalam mengumpulkan, mengolah, menganalisa serta menginformasikan data temuan tentang perilaku masyarakat dalam pemberantasan malaria.

References

Septiana, Eris. Bioteknologi Sebagai Senjata Menghadapi Serangan Malaria. Biotrends; 2016, 7.2: 18-23.

World Health Organization. World Malaria Report 2015. World Health Organization; 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,, Et Al. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan. Pedoman Umum Kesiapsiagaan Menghadapi Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (Mers-Cov); 2018.

Roosihermiatie, Betty; Rukmini, Rukmini. Analisis Implementasi Kebijakan Eliminasi Malaria. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan; 2018, 15.2 Apr.

Publik, Layanan. Informasi Publik; 2015.

Lawrence G. Health Promotion Planning An Educational And Environmental Approach. Mayfield Publishing Company. London : Mountain View-Toronto; 2011.

Husin, Hasan. Analisis Faktor Risiko Kejadian Malaria Di Puskesmas Sukamerindu Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu Propinsi Bengkulu. 2010. Phd Thesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-02-04