PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, EPS DAN DER TERHADAP HARGA SSAHAM PADA PERUSAHAAN F&B TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2020

Main Article Content

Swita Swita
Friska Darnawaty Sitorus Sitorus
Swita switA

Abstract

ABSTRAK
Saham merupakan salah satu bukti kepemilikan perusahaan yang modalnya diperdagangkan di pasar modal dan terdaftar di lembaga resmi. Tiap saat kemungkinan terjadinya perubahan harga saham dapat terjadi sehingga ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga saham, diantaranya Likuiditas, Profitabilitas, EPS dan DER. Guna mendorong terjadi kenaikan harga saham maka perusahaan sebaiknya meningkatkan kinerja keuanganya dari segi perolehan laba dan diharapkan dapat membagi keuntungan bagi pemegang saham sehingga menambah kekayaan bagi kepentingan para pemegang saham. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, EPS dan DER secara parsial dan simultan terhadap harga saham di perusahaan F&B. Jenis penelitian ini yakni penelitian asosiatif dengan sifat penjelasan. Populasi adalah perusahaan F&B terdaftar di BEI sebanyak 30 perusahaan, metode pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 22 perusahaan dan pengamatan yang dilakukan sebanyak 88 pengamatandi perusahaan F&B.
Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial Likuiditas, Profitabilitas dan rasio DER tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, EPS berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Likuiditas, Profitabilitas, EPS dan DER secara serempak pengaruh positif dan signifikan pada Harga Saham. Hubungan antara Likuiditas, Profitabilitas, EPS dan DER mempunyai korelasi yang sangat kuat (nilai R sebesar 0,835 mendekati angka 1), sedangkan kemampuan harga saham dapat dijelaskan oleh Likuiditas, Profitabilitas, EPS dan rasio DER sebesar 68,2% dan sisanya 31,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


 

Article Details

Section
Articles