PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF

Authors

  • Panigoran Siburian Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2286

Keywords:

Supervisi klinis, Kolaborasi, Koperasi Tipe NHT

Abstract

Abstrak-Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  kemampuan guru kelas dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) melalui supervisi klinis dengan Pendekatan Kolaboratif di SD Swasta Pauly Mandiri.. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di SD Swasta Pauly Mandiri yang berjumlah lima orang. Fokus penelitian adalah penerapan supervisi klinis dengan pendekaan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menerapkan model pembelajaran  kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada guru kelas di SD Swasta Pauly Mandiri. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Hasil penelitian menemukan pada siklus I skor kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together ) adalah 77,27 dengan kategori cukup. Selanjutnya, pada siklus II skor kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 90,91 dengan kategori amat baik. Jadi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru kelas dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together ) di SD Swasta Pauly Mandiri.

References

Djalaludin Rakhmat, 2009. Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Roskardaya.

Hamalik, O. 2009.0Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Juhana. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat dan Azra.02007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Isjoni. 2009.Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kartini. 2004. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Bahan Kajian Partikel-Partikel Materi Sebagai Wahana Pendidikan siswa SLTP. Yogyakarta: Bumi Aksara.

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indoesia. Jakarta: Pustaka Phoenix.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia.

Mudjiono dan Dimyati. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, H.E. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. 2009.Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Program Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unimed. 2013. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia Vol 5 No.2 edisi Oktober 2013, Pasca Sarjana Unimed: Medan.

Robbin dan Judge.02008.0Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Grafindo.

Sagala, Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A dan Mataheru, Frans. 1982. Prinsip Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Silbermen, Melvin L. 2006. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, Nana. 2011. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.

Sugiyono. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Siburian, P. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2286