NILAI MORAL DALAM LAGU TRADISIONAL NIAS “BA WEKOLIGU” KARYA FAONS GEA

Authors

  • Kamarudin Zai Universitas Prima Indonesia
  • Kangga Ega Williyansen Universitas Prima Indonesia
  • Lee Yen Universitas Prima Indonesia
  • Irma Khoirot Daulay Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2218

Keywords:

nilai moral, lagu, tradisional Nias

Abstract

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai moral dalam lagu tradisional Nias “Ba wekoligu” pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu lagu dengan objek penelitian yakni nilai-nilai moral yang terdapat dalam lagu. Sedangkan desain penelitian yang digunakan yakni analisis konten dan interpretasi rangkaian teks/syair dalam lagu tradisional Nias “Ba wekoligu”. Instrumen penelitiannya adalah dokumen dalam bentuk syair lagu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peneliti mengemukakan  nilai-nilai moral dalam lagu tradisional Nias “Ba wekoligu” Karya Faons Gea yakni nilai moral kesadaran sebanyak 2 data dengan hasil presentase 75%, dan nilai moral tanggung jawab sebanyak 1 data dengan hasil persentase 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa di dalam lagu “Ba wekoligu” Karya Faons Gea terkandung nilai-nilai moral yang secara tidak langsung dapat memberi suatu ajaran, didikan, teladan dan sifat-sifat baik yang dapat mempengaruhi kehidupan peserta didik di sekolah sehingga dapat bermoral baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca dan peneliti selanjutnya.

References

Sarumaha, Selvia. 2008. Nilai-nilai Moral Dalam Roman “Neraka Dunia” Karya Nur Sutan Iskandar dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi tidak diterbitkan:IKIP Gunungsitoli.

Gulo, Sahadu Upatri. 2011. Analisis Unsur Intrinsik dalam Novel “Reuni Cinta Masa SMU” Karya Maria Cecilia. Skripsi tidak diterbitkan:IKIP Gunungsitoli.

Kaelan. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta:Paradigma.

Fazri, Rahmat. 2011. Diakses di http://www.pengertiannilaimoral.com tanggal 17 April 2012.

Bertens K. 2004. Etika. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Kamus. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta:Balai Pustaka.

Ensiklopedia Bebas. Diakses di http://www.pengertianlagutradisional.com tanggal 08 Agustus 2012.

Downloads

Published

2022-03-17

How to Cite

Zai, K., Williyansen, K. E., Yen, L., & Daulay, I. K. (2022). NILAI MORAL DALAM LAGU TRADISIONAL NIAS “BA WEKOLIGU” KARYA FAONS GEA. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(1), 145-151. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2218

Most read articles by the same author(s)